STUDI PERENCANAAN RUTE ANGKUTAN UMUM PENUMPANG KEC. PULAU LAUT UTARA KAB. KOTABARU KALIMANTAN SELATAN

SRI JULIATIN

Abstract


Kec. Pulau Laut Utara merupakan Ibu Kota Kab. Kotabaru dan merupakan bagian dari wilayah Propinsi Kalimantan Selatan. Pengembangan wilayah di Kec. Pulau Laut Utara berdampak pada pelayanan sistem transportasi yang memadai. Pelayananan angkutan umum penumpang yang ada sekarang masih belum menjangkau semua kawasan, disebabkan operasional angkutan umum penumpang belum mempunyai rute tetap. Sehingga masyarakat wilayah perkotaan mengalami kesulitan untuk melakukan kegiatannya. Hal tersebut dapat menghambat laju mobilitas penduduk yang akhirnya dapat mengakibatkan menurunnya daya jangkau daerah. Berdasarkan hal tersebut maka perlu dilakukannya studi perencanaan rute angkutan umum penumpang di Kec. Pulau Laut Utara Kab. Kotabaru, dengan tujuan untuk mengetahui jumlah perjalanan masyarakat, rute dan jumlah armada yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat.
Analisa sebaran perjalanan masayarakat Kec. Pulau Laut Utara menggunakan metode uniform. Sedangkan rute direncanakan dengan pola linier berdasarkan kondisi eksisting jaringan jalan dan tata guna lahan. Jumlah armada direncanakan berdasarkan pola sebaraan perjalanan masyarakat dengan disesuaikan dengan rute yang telah terbentuk.
Dari hasil studi perencanaan diketahui bahwa jumlah perjalanan oleh masyarakat Kec. Pulau Laut Utara pada tahun 2009 sebesar 84073 perjalanan/hari dan pada tahun 2017 sebesar 109265 perjalanan/hari. Sedangkan rute angkutan umum penumpang yang direncanakan adalah 5 rute dengan pola linier yaitu dengan ruas jalan utama untuk rute I sejauh 14,75 km dari terminal -Jl.H.Brigjen Hasan Basri ? Jl.M.Alwi ? Jl.Vetran ? Jl.Pasar Kemakmuran, sedangkan untuk rute II sejauh 16 km, rute III sejauh 17.49 km, rute IV sejauh 17,75 km sejauh 18,05 km dimana dengan ruas jalan utama yang dilalui dari terminal ? Jl.H.Brigjen Hasan Basri ? Jl.M.Alwi ? Jl.Vetran ? Jl. Burung Walet. Jumlah armada tahun 2009 dan 2017 masing-masing Rute I sebanyak 14 dan 18 unit, Rute II sebanyak 27 dan 41 unit, Rute III sebanyak 27 dan 37 unit, Rute IV sebanyak 22 dan 33 unit, dan Rute V sebanyak 31 dan 46 unit.

 

Keyword : Rute, Angkutan Umum Penumpang

 

Link terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/316/jiptummpp-gdl-s1-2009-srijuliati-15751-PENDAHUL-N.pdf


Keywords


Rute; Angkutan Umum Penumpang; UMM