STUDI EVALUASI KAPASITAS LAHAN PARKIR TEPI JALAN PADA PUSAT PERBELANJAAN CAKRA NEGARA DI JALAN AA GEDE NGURAH KOTA MATARAM ( NUSA TENGGARA BARAT )

ADI PATUHURROHMAN

Abstract


Di kawasan perbelanjaan cakra negara yaitu di jalan AA Gede Ngurah sebagian besar penataan parkir berada di tepi jalan (on street parking) dan sebagian kecil diluar badan jalan (off street parking). Seiring bertambahnya penduduk serta pertumbuhan perekonomian kota Mataram dituntut untuk mampu menyediakan fasilitas - fasilitas, diantaranya bidang transportasi, salah satunya adalah fasilitas parkir yang membutuhkan tempat parkir, jarak tempuh jalan kaki yang pendek, biaya parkir yang murah dan mudah membawa barang akan lebih diminati, sehingga tidak mengganggu arus lalu lintas disekitarnya. Melihat kondisi diatas maka perlu diadakan studi untuk mengetahui kapasitas parkir yang ada di kawasan perbelanjaan cakra Negara di jalan AA Gede Ngurah kota Mataram.
Hasil evaluasi kapasitas lahan parkir di kawasan perbelanjaan cakra Negara di jalan AA Gede Ngurah kota Mataram secara keseluruhan mempunyai kapasitas dasar 153 kendaraan parkir. dengan kondisi aktual 134 kendaraan parkir, dengan durasi parkir 1 - 60 menit sebanyak 34 % kendaraan, 60 - 120 menit sebanyak 27 % kendaraan dan sebanyak 39 % kendaraan parkir lebih dari 120 menit.
Pengaruh parkir tepi jalan terhadap kinerja arus lalu lintas di jalan AA Gede Ngurah adalah tingginya angaka derajat kejenuhan (DS) 0.83.
Dari ketiga alternatif yang ada, alternatif yang di gunakan adalah alternatif 2 karna kondisi kinerja ruas jalan menjadi lebih baik dengan kapasitas dasar lahan parkir 23 (SRP), volume arus lalu lintas (Q) 1704.4 smp/jam, dengan kapasitas (C) 3056.4 smp/jam meng hasilkan derajat kejenuhan (DS) 0.56
Dari hasil evaluasi, kapasita parkir di pusat perbelanjaan Cakra Negara 5 tahun mendatang pada jalan AA Gede Ngurah kapasitas dasar lahan parkir 23 (SRP), volume arus lalu lintas (Q) 2147.47 smp/jam, dengan kapasitas (C) 3056.4 smp/jam menghasilkan derajat kejenuhan (DS) 0.70. Pada jalan Panca Usaha kapasitas dasar lahan parkir 62 (SRP), volume arus lalu lintas (Q) 2462.59 smp/jam, dengan kapasitas (C) 3120.74 smp/jam menghasilkan derajat kejenuhan (DS) 0.79.

 

Keyword : Parkir Tepi Jalan

 

Link terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/316/jiptummpp-gdl-s1-2009-adipatuhur-15753-1.PENDAH-N.pdf


Keywords


Parkir Tepi Jalan; UMM