REHABILITASI SUBGRADE DENGAN METODE PRELOADING DIKOMBINASIKAN VERTIKAL DRAIN DAN PERKUATAN GEOTEXTILE PADA RUAS JALAN PALANGKARAYA ?BUNTOK KALTENG (STA. 17+000 ? 22+000)

PUTRI NOBELIA PUJILESTARI

Abstract


Ruas jalan Palangkaraya-Buntok memegang peranan penting bagi masyarakat Kalimantan Tengah. Kondisi terakhir keadaan ruas jalan ini mengalami kerusakan perkerasan yang telah ada pada Sta. 17+000 ? 22+000. Kerusakan ini diduga karena kondisi subgrade yang memiliki daya dukung tanah rendah. Untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan merencanakan lapisan perkerasan lentur baru serta merehabilitasi subgrade yang ada dengan memberikan preloading, vertical drain dan geotextile.
Perencanaan perkerasan lentur baru diperlukan untuk memperoleh beban perkerasan dan dihitung dengan menggunakan metode analisa komponen (Bina Marga). Preloading dinilai cukup efektif untuk mempercepat penurunan tanah lunak akibat pemberian pembebanan awal yang berupa tanah timbunan. Vertical drain berfungsi untuk mempercepat konsolidasi dengan cara kerja yaitu mengalirkan air pori ke arah vertikal sehingga air pori yang ada didalam tanah dasar bisa dikeluarkan melalui pipa-pipa vertical drain. Kemudian geotextile adalah untuk meningkatkan daya dukung tanah dibawah timbunan sehingga timbunan menjadi stabil
Dari hasil analisa diperoleh tinggi timbunan awal sebesar 5,00 m sehingga sesuai dengan tinggi timbunan rencana sebesar 2,50 m. Kedalaman pemasangan PVD yaitu 18 m dan jarak antar PVD adalah 1,00 m. Untuk perkuatan tanah dipilih geotextile yang mempunyai kuat tarik arah memanjang sebesar 100 t/m dan jumlah geotextile yang digunakan adalah 1 lapis.

 

Keyword : Rehabilitasi Subgrade, Preloading, Vertical Drain, Geotextile

 

Link terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/316/jiptummpp-gdl-s1-2009-putrinobel-15757-PENDAHUL-N.pdf


Keywords


Rehabilitasi Subgrade; Preloading; Vertical Drain; Geotextile; UMM