STUDI PERENCANAAN ANGKUTAN UMUM PENUMPANG KOTA PAMEKASAN

CUCUK AMIRIL

Abstract


Peningkatan perekonomian dan pertumbuhan penduduk yang cukup tinggi di kota Pamekasan berdampak permintaan akan sarana transportasi pun meningkat. Dimana pelayananan Angkutan Umum Penumpang (AUP) yang ada sekarang ini masih belum menjangkau semua kawasan, disebabkan belum tersedianya angkutan umum penumpang yang dapat melayani sebagaian besar jaringan jalan yang ada. Sehingga masyarakat di dalam kota dirasa mengalami kesulitan untuk melakukan kegiatannya dan sebaliknya masyarakat yang berada di luar kota pun mendapatkan kesulitan yang sama apabila akan melakukan kegiatan-kegiatan kesehariannya ke pusat kota. Sehingga perlu diadaka studi perencanaan angkutan umum penumpang di Kota Pamekasan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat.
Analisa jumlah perjalanan masyarakat yang berpotensi menggunakan AUP menggunakan metode uniform. Perencanaan rute berdasarkan kondisi eksisting jaringan jalan dan tata guna lahan, maka direncanakan rute dengan pola melingkar Perencanaan jumlah armada berdasarkan jumlah distribusi perjalanan masyarakat dan disesuaikan dengan rute yang telah terbentuk.
Hasil analisa diketahui, prakiraan jumlah perjalanan masyarakat yang berpotensi menggunakan AUP di Kota Pamekasan sebesar 35299 perjalanan/hari (tahun 2009) dan 49128 perjalanan/hari (tahun 2019). Sedangkan rute yang direncanakan adalah 3 rute dengan pola melingkar dimana untuk tiap rute terdiri dari rute A dan B. Rute terpanjang adalah rute I sejauh 16,80 km, Rute terpendek adalah rute III sejauh 9,35 km. Jumlah armada tahun 2009 dan 2019 masing-masing Rute I sebanyak 61 dan 97 kendaraan, Rute II sebanyak 27 dan 40 kendaraan, dan Rute III sebanyak 10 dan 14 kendaraan.

 

Keyword : Angkutan Umum Penumpang

 

Link terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/316/jiptummpp-gdl-s1-2009-cucukamiri-15758-PENDAHUL-N.pdf


Keywords


Angkutan Umum Penumpang; UMM