PENENTUAN WAKTU KEJADIAN HUJAN DOMINAN CURAH HUJAN RANCANGAN BERBAGAI KALA ULANG PADA DPS KALI AMPRONG

FAJAR INDRIANTO

Abstract


Pada setiap daerah pengaliran sungai (DPS) mempunyai karakteristik yang berbeda. Dengan karakteristik yang berbeda maka, setiap daerah mempunyai variasi besarnya intensitas curah hujan dan waktu kejadiannya. Adanya variasi intensitas hujan dan waktu kejadiannya mengakibatkan distribusi curah hujan tidak sama untuk setiap daerah pengaliran sungai. Di dalam berbagai analisis curah hujan rencana, waktu kejadian hujan sering dianggap sama antara tinggi hujan rancangan kala ulang kecil maupun kala ulang besar, sehingga perlu dilakukan penelitian mencari hubungan antara tinggi curah hujan rancangan berbagai kala ulang dengan waktu kejadiannya.
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan besarnya curah hujan rancangan berbagai kala ulang, mendapatkan waktu kejadian hujan yang dominan pada setiap kala ulang yang diambil, mencari hubungan antara tinggi curah hujan rancangan berbagai kala ulang dengan waktu kejadiannya pada DPS Kali Amprong.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa besarnya waktu kejadian hujan yang terjadi, ada yang memiliki nilai yang sama dan juga ada yang tidak sama. Besarnya waktu kejadian hujan dominan yang sesuai dengan curah hujan rancangan kala ulang 2 tahun, 5 tahun, 10 tahun, 25 tahun, 50 tahun, 100 tahun berturut-turut adalah 5 jam, 5 jam, 6 jam, 11 jam, 11 jam, 11 jam.
Dari hasil penelitian ini masih sangat dini untuk menentukan suatu kesimpulan, mengingat lokasi penelitian hanya pada DPS Kali Amprong dengan jumlah stasiun yang terbatas. Sehingga perlu dikembangkan pada DPS lain dengan karakteristik berbeda serta disarankan untuk mengumpulkan data deret berkala yang lebih panjang.

 

Keyword : Hujan, Kejadian, Waktu

 

Link terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/317/jiptummpp-gdl-s1-2009-fajarindri-15840-Pendahul-n.pdf


Keywords


Hujan; Kejadian; Waktu; UMM