STUDI PERENCANAAN NORMALISASI SUNGAI KALI SONO DI KOTA MADIUN

SRIBANUN LAILA SA'ADAH HEREMBA

Abstract


Sungai Kali adalah sungai yang berada di kota Madiun dengan luas DAS Kali Sono adalah 27,56 km2 di kota Madiun sering terjadi banjir pada musim hujan, salah satunya adalah di sekitar daerah kali Sono. Secara umum kondisinya perlu penanganan khusus, hal tersebut dikarenakan ketidakmampuan sungai untuk menyalurkan debit banjir. Konsep dari sistem perencanaan dan perbaikan sungai adalah sistem pengendalian banjir degan salah satu cara yaitu merencanakan konstruksi tanggul di sepanjang ruas tebing kiri dan tebing kanan.
Untuk mengetahui besarnya debit banjir yang ada sekarang di hitung dengan menggunakan Metode Nakayasu dengan kala ulang 5 tahun sesuai dengan curah hujan rancangannya. Dari perhitungan tersebut diperoleh debit total maksimum (Qtr 5) = 87.623 m/det2. Maka perlu perluasan penampang sungai. Setelah dianalisa profil muka air dengan menggunakan Metode Tahapan Standar dengan membagi saluran menjadi 58 patok. Lebar saluran direncanakan sampai memperoleh profil yang sesuai. Dimensi dengan kemiringan 1:1 direncanakan tanggul dengan tanah urugan.
Setelah dikontrol terhadap rembesan dan dihitung stabilitasnya diperoleh hasil tanggul aman. Dari analisa tembok penahan yang ditinjau terhadap gaya-gaya yang bekerja dan dikontrol terhadap guling, geser dan tegangan tanah yang terjadi pada tembok penahan tersebut dapat memenuhi syarat keamanan yang sesuai dengan faktor keamanan yang diijinkan.

 

Keyword : Perencanaan dimensi sungai, tanggul

 

Link terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/317/jiptummpp-gdl-s1-2009-sribanunla-15842-PENDAHUL-N.pdf


Keywords


Perencanaan dimensi sungai; tanggul; UMM