Department of Civil Engineering, 2008

Font Size:  Small  Medium  Large   Print Page

PENATAAN PARKIR DI KAWASAN PEMANDIAN AIR HANGAT PRATAAN KABUPATEN TUBAN

FIDI YOKI PRATAMA

Abstract


Pariwisata pemandian air hangat Prataan kabupaten Tuban merupakan salah satu kawasan pariwisata yang mengalami perkembangan kenaikan pengunjung yang sangat pesat. Seiring bertambahnya pengunjung pariwisata pemandian air hangat Prataan kabupaten Tuban dituntut menyediakan fasilitas parkir yang dapat menampung kendaraan pengunjung yang parkir, sehingga tidak mengganggu arus lalu lintas disekitarnya. Melihat kondisi tersebut maka perlu dilakukan studi untuk mengetahui kapasitas parkir dan penataannya yang ada di kawasan pariwisata tersebut. Sehingga untuk kebutuhan akan lokasi parkir dapat terpenuhi dengan baik dan tidak hambatan bagi pengembangan kawasan pariwisata tersebut.
Evaluasi dan analisa parkir menggunakan kapasitas parkir Suwardjoko Warpani 1990, sedangkan Indeks Parkir dan Turn Over menggunakan yang direkomendasikan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, 1999.
Hasil studi menunjukkan jumlah kendaraan parkir tahun 2008 (kondisi eksisting) pada jam puncak dikawasan pariwisata Pemandian Air Hangat Prataan Kabupaten Tuban untuk mobil terdapat 21 kendaraan dan untuk sepeda motor terdapat 34 kendaraan. Penataan parkir untuk saat ini (2008), untuk areal parkir mobil melakukan pemindahan pedagang kaki lima yang memakai areal parkir mobil ke sebelah timur taman dan untuk posisi parkir memakai sudut 90o serta untuk sepeda motor memakai pola parkir dua sisi. Sedangkan penataan parkir untuk tahun 2013, untuk areal parkir mobil memakai sudut 90o, dan untuk kekurangan parkir mobil diarahkan ke sebelah barat kawasan pariwisata Pemandian Air Hangat Prataan Kabupaten Tuban dan untuk parkir sepeda motor memakai pola parkir dua sisi sesuai dengan kapasitas tempat parkir yang ada.

 

Keyword : Penataan Parkir Di Kawasan Pariwisata

 

Link terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/299/jiptummpp-gdl-s1-2009-fidiyokipr-14945-1.+PENDA-N.pdf



Abstract: PDF , PS , DOC