Department of Civil Engineering, 2006

Font Size:  Small  Medium  Large   Print Page

STUDI PERENCANAAN OVERLAY DENGAN MENGGUNAKAN METODE ANALISA KOMPONEN, METODE ANALISA KOMPONEN DENGAN ALAT BENKELMEN BEAM DAN METODE AASHTO ?86 PADA RUAS JALAN GRESIK - KRIAN

ANDRE PURWONO, KRISTONO

Abstract


Untuk dapat memberikan pelayanan yang maksimal maka jalan membutuhkan perawatan pada periode-periode tertentu disamping periode umur rencana jalan itu sendiri. Yang dalam hal ini kaitannya adalah dengan pelapisan tambahan atau overlay.
Dari data perencanaan diperoleh tebal perkerasan yang antara lain adalah: 5 cm untuk lapisan penetrasi, 15 cm untuk lapisan onderlag batu putih, 55 cm untuk lapisan sirtu, dan 15 cm untuk lapisan onderlag batu putih, sedangkan dari data desain pelebaran diperoleh nilai CBR 2,76 %, DDT 3,6, FR 1,5, IP 3,9 ? 3,5dan ITP 11,5.
Hasil perhitungan perencanaan perkerasan overlay dengan menggunakan tiga metode adalah sebagai berikut, pada metode analisa komponen diperoleh ketebalan 7,7 cm untuk lapisan AC, pada metode analisa komponen dengan menggunakan alat benkelmen beam diperoleh hasil ketebalan 4 cm untuk lapisan AC, dan pada metode AASHTO ?86 didapat 3,6 cm untuk lapisan AC. Sedangkan pada perencanaan pelebaran dengan umur rencana yang berbeda diperoleh antara lain, untuk umur rencana 10 tahun diperoleh 4 cm untuk lapisan AC, 8 cm untuk lapisan ATB, dan 30 cm untuk lapisan CTSB.Sedangkan pada umur rencana 15 tahun didapatkan 5 cm untuk lapisan AC, 15 cm untuk lapisan ATB, dan 43 cm untuk lapisan CTSB.

 

Keyword : Overlay, Analisa Komponen, Alat Benkelmen Beam, AASHTO



Abstract: PDF , PS , DOC