PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (STUDI DI SMP NEGERI 1 BATU)

SEFRIANI RAHMAWATI

Abstract


Pendidikan belum mengalami peningkatan, karena beberapa faktor, antara lain karena manajemen yang diterapkan masih bersifat sentralistik. Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) merupakan manajemen yang dapat mengakomodasi kepentingan sekolah, sekolah mempunyai hak penuh dalam mengelolah program sekolah berdasarkan visi, misi sekolah. Komponen sekolah dituntut mempunyai peran lebih demi tercapainya tujuan sekolah. SMP Negeri 1 Batu merupakan sekolah unggulan di kota Batu dan merupakan Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI). Sekolah ini sudah menerapkan manajemen berbasis sekolah mulai tahun 2001. Hal tersebut didorong oleh keinginan menciptakan manajemen sekolah yang terbuka, partisipatif dan akuntabel.
Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Batu, dengan tujuan: (1) Untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana bentuk program dalam implementasi manajemen berbasis sekolah di SMP Negeri 1 Batu (2) Untuk mengetahui bagaimana peran kepala sekolah dalam implementasi manajemen berbasis sekolah di SMP Negeri 1 Batu, dan (3) Untuk mengetahui apa saja yang menjadi faktor pendorong dan penghambat dalam implementasi manajemen berbasis sekolah di SMP Negeri 1 Batu. Adapun yang menjadi sumber penelitian adalah kepala sekolah SMP Negeri 1 Batu dan koordinator bidang yang ada pada struktur organisasi di SMP Negeri 1 Batu. Teknik yang digunakan oleh peneliti dalam mengumpulkan data penelitian ini, yaitu: (1) Teknik observasi, (2) Teknik wawancara, dan (3) Teknik dokumentasi.
Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa bentuk program dalam implementasi manajemen berbasis sekolah di SMP Negeri 1 Batu disusun tiap tahun ajaran baru, yang terdiri dari program jangka panjang dan program jangka pendek dan disusun oleh semua komponen sekolah. Peran kepala sekolah dalam implementasi manajemen berbasis sekolah di SMP Negeri 1 Batu mencakup tiga tahap, yaitu: penyusunan, pelaksanaan dan evaluasi. Hal tersebut terkait peran kepala sekolah sebagai leader, manajer, fasilitator, motivator, supervisor dan evaluator. Faktor pendukung dalam implementasi manajemen berbasis sekolah di SMP Negeri 1 Batu adalah adanya keinginan komponen sekolah untuk menciptakan manajemen yang terbuka, trasparan dan akuntabel. Sedangkan, faktor penghambat dalam implementasi manajemen berbasis sekolah di SMP Negeri 1 Batu adalah minimnya dana dan belum siapnya komponen sekolah secara menyeluruh dalam manajemen berbasis sdekolah.

 

Keyword : Peran, Kepala sekolah, Manajemen berbasis sekolah

Link terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/338/jiptummpp-gdl-s1-2009-sefrianira-16861-PENDAHUL-N.pdf


Keywords


Peran; Kepala sekolah; Manajemen berbasis sekolah; UMM