DINAMIKA POPULASI PELECYPODA DI PANTAI JUMIANG KECAMATAN PADEMAWU KABUPATEN PAMEKASAN

Mila Widharti S

Abstract


Phylum Mollusca (Pelecypoda) yang kurang lebih terdiri dari 1000 jenis spesies merupakan sumber daya alam hayati laut yang memiliki nilai ekonomis dan biologis yang cukup tinggi, sampai saat ini hewan tersebut telah mengalami eksploitasi secara besar-besaran. Mollusca merupakan hewan yang di kenal sebagai hewan pemakan sampah-sampah yang berlimpah dan organisme laut sehingga laut menjadi bersih. Pantai Jumiang Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan adalah salah satu pantai yang ada di sebelah timur kota Pamekasan yang memiliki wilayah pantai yang potensial terhadap sumber daya alam hayati laut. Dengan lautan yang landai dan daerah pantai yang berpasir, berbatu, dan berlumpur dengan terumbu karang yang kaya akan organisme laut dan sampai saat ini belum pernah diteliti tentang dinamika populasi Pelecypoda di pantai tersebut.
Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif dengan tujuan untuk mengetahui dinamika populasi Pelecypoda yang terdapat di Pantai Jumiang Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan.Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode transek. Sedangkan pengamatannya dilakukan dalam 1 bulan yaitu pada minggu ke 3 dan 4 November sampai pada minggu ke 1 dan 2 Desember 2004 dengan parameter pengamatan meliputi kepadatan, pertambahan populasi dan pola penyebaran.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi dinamika populasi Pelecypoda pada minggu 3 dan 4 November sampai pada minggu 1 dan 2 Desember tahun 2004.Dinamika populasi ini dapat di lihat dari: 1) Kenaikan kepadatan populasi pada minggu 1 dan 2 November sampai minggu 3 dan 4 Desember 2004 jumlah hewan pelecypoda 2) Pertambahan populasi Pelecypoda yang meningkat pada pengamatan ke dua yaitu pada minggu 1 dan 2 Desember 3) Tingkat pengelompokan Pelecypoda yang hampir seluruh spesies seragam.

download


Keywords


POPULASI PELECYPODA