PENGARUH LAMA PENUNDAAN TERHADAP VIABILITAS SPERMA IKAN MAS (Cyprinus carpio) SETELAH MASA EJAKULASI

ARUM LELYANA

Abstract


Ikan mas (Cyprinus carpio) merupakan salah satu jenis ikan bernilai ekonomis yang penting. Menurut Suseno (1999), di Indonesia ikan mas (Cyprinus carpio) menduduki produksi terbesar untuk jenis ikan air tawar. Permintaan akan komediti ikan mas (Cyprinus carpio) semakin meningkat, namun hal ini belum ditunjang dari segi kualitas dan kuantitas hasil produksi budi daya ikan mas (Cyprinus carpio). Dimana hal tersebut juga ditunjang dengan keberadaan induk ikan mas (Cyprinus carpio) unggul jauh dengan area pembenihan. Kondisi tersebut merupakan kendala dalam upaya untuk memenuhi kebutuhan benih hasil produksi ikan yang bermutu di Indonesia. Salah satu upaya penekanan terhadap tingginya biaya pengadaan induk unggul dengan cara pemanfaatan sel kelamin reproduksi, sel kelamin reproduksi yang diambil adalah sel sperma. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penundaan setelah masa ejakulasi terhadap viabilitas sperma ikan mas (Cyprinus carpio).
Jenis penelitian uang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen sungguhan. Rancangan percobaan menggunakan Rancangan Acak lengkap. Populasi pada penelitian ini adalah sperma ikan mas (Cyprinus carpio) jantan strain Punten dan sampel dalam penelitian ini ikan mas (Cyprinus carpio) strain Punten berumur 2 tahun, berat ? 1,5 ? 1,7 kg dan panjang 36 ? 39 cm sebanyak 5 ekor. Penelitian ini dilakukan di Balai Benih Ikan Punten pada tanggal 11 Oktober ? 10 November 2004.
Hasil penelitian menunjukkan nilai viabilitas teretinggi terdapat pada penundaan jam ke-1 adalah sebesar 78,96%, sedangkan viabilitas terendah pada perlakuan jam ke-6 sebesar 38,14%. Berdasarkan data tersebutu, maka ada pengaruh penundaan setelah masa ejakulasi terhadap viabilitas sperma ikan mas (Cyprinus carpio).

download


Keywords


Viabilitas; Masa Ejakulasi; Ciprynus carpio