LAJU FOTOSINTESIS DAN KADAR KLOROFIL TUMBUHAN PENEDUH TEPI JALAN DI SEPANJANG JALAN-BATU

Muhammad Syarifuddin

Abstract


Kehidupan manusia di dunia sangat tergantung pada alam sekitarnya. Vegetasi atau komunitas tumbuhan adalah produsen utama dalam ekosistim. Salah satunya adalah pada setiap tumbuhan peneduh jalan yang melakukan fotosintesis. Laju fotosintesis merupakan parameter yang secara teoritis dapat digunakan untuk menunjukan tingkat produktifitas tumbuhan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan laju fotosintesis dan kadar klorofil serta untuk mengetahui laju fotosintesis tertinggi dan kadar klorofil paling banyak pada jenis tumbuhan peneduh tepi jalan di sepanjang jalan Batu. Mulai dari gapura perbatasan kota Batu sampai dengan desa Temas Batu (Jalan Patimura).
Jenis penelitian ini adalah deskriptif dan teknik sampling yang digunakan adalah simpel random sampling. Adapun jenis tumbuhan yang diteliti yaitu jenis Filicium decipiens (Wight & Arn) thwaites, Pterocarpus indicus Willd, Swietenia macrophilla King, Dalbergia latifolia Roxb, Ceiba petandra (L) Gaertn, Bauhinia purpurea L., Mangifera indica L., Spathodea campanulata Beauv, Acacia auriculiformis A. Cunn. Ex Benth, Senna spectabilis (DC). Irwin & Barneby, Euphoria longan (Lour.) Stend. Tiap sampel masing-masing di ulang 3 kali. Variabel Dalam penelitian ini adalah laju fotosintesis dan kadar klorofil dan metode pengumpulan data yaitu dengan mengukur langsung laju fotosintesis dengan menggunakan alat portable fotosintesis systim dan kadar klorofil menggunakan metode spektrofotometer. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan anava 1 jalur dengan syarat data harus berdistribusi normal dan varian datanya homogen dan kemudian diuji lanjut dengan uji Duncan. Dari hasil analisis statistik dapat ditarik kesimpulan bahwa ada perbedaan laju fotosintesis dan kadar klorofil tiap jenis tumbuhan peneduh tepi jalan di sepanjang jalan Batu. Pada pengamatan pagi hari maupun sore hari laju fotosintesis tertinggi adalah Bauhinia purpurea L. yaitu 6.99 mol m-2s-1 dan 3.12 mol m-2s-1. Dan laju fotosintesis terendah adalah jenis Euphoria longan (Lour.) Stend. yaitu 2.60 mol m-2s-1, dan 1.06 mol m-2s-1. Dan kadar klorofil terbanyak pada waktu pengamatan pagi maupun sore hari adalah Senna spectabilis (DC). Irwin & Barneby yaitu 19.46 ppm dan 14.78 ppm. Sedangkan kadar klorofil terendah adalah Mangifera indica L. yaitu 14.05 ppm (pagi) dan Spathodea campanulata Beauv yaitu 5.51 ppm (sore).

download


Keywords


Fotosintesis; Kadar Klorofil; tumbuhan