INVENTARISASI DAN IDENTIFIKASI PELECYPODA DI PANTAI TIAL DESA TIAL KECAMATAN SALAHUTU KABUPATEN MALUKU TENGAH

Dalila Tuarita

Abstract


Pelecypoda yang kurang lebih terdiri dari 1000 jenis spesies yang hidup di perairan Indonesia. dan merupakan sumber daya alam hayati laut yang mempunyai nilai ekonomi tinggi, memiliki keanekaragaman tinggi, saat ini telah mengalami eksploitasai besar-besaran. Pantai Tial Desa Tial Kecamatan Salahutu kabupaten Maluku Tengah adalah salah satu pantai yang terletak di pesisir pulau Ambon dengan kondisi fisik berpasir dan berbatu memiliki potensi laut yang sangat besar dan kaya akan hewan-hewan avertebrata termasuk kerang-kerangan (Pelecypoda).
Penelitian ini bertujun untuk mengetahui spesies apa saja dari Pelecypoda yang terdapat di pantai Tial dan karakteristik Pelecypoda yang meliputi kepadatan absolut, kepadatan relatif, frekuensi absolut, frekuensi relatif dan indeks nilai penting. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif. populasi penelitian adalah Pelecypoda yang terdapat di pantai Tial. Sedangkan sampel penelitiannya adalah Pelecypoda yang terdapat dalam plot. Sedangkan variabel dalam penelitian adalah jenis spesies Pelecypoda yang ditemukan. Dan metode pengumpulan data melalui observasi dengan cara menghitung dan menginventarisasi pelecypoda di tiap plot, teknik analisis data dengan cara menghitung kepadatan absolut, kepadatan relatif, frekuensi absolut, frekuensi relatif dan indeks nilai penting.
Hasil penelitian diketahui bahwa Pelecypoda yang ditemukan sebanyak 4 ordo, 7 famili, dan 9 spesies yang terdiri dari Anadara maculosa, Periglypta clathrata, Periglypta puerpera, Pinna muricata, Hippopus hippopus, Chama iostoma, Gafrarium fectinatum, Acrosterigma rugosa, dan Isognomon isognomum. Dengan kepadatan tertinggi pada spesies periglypta clathrata dan kepadatan terendah pada spesies Hippopus hippopus. Frekuensi tertinggi pada spesies Periglypta puerpera dan yang terendah pada spesies Hippopus hippopus, sedangkan untuk indeks nilai penting tertinggi pada spesies Periglypta clathrata dan yang terendah pada spesies Anadara maculosa.

download


Keywords


Pelecypoda; Pantai; Inventarisasi