ANALISIS KADAR PROTEIN DAN LEMAK KEPOMPONG ULAT SUTRA EMAS (Cricula trifenestrata)

. PURWANTI

Abstract


Ulat Cricula trifenestrata merupakan salah satu ulat hama yang menyerang tanaman alpukat. Ulat muda berwarna kuning muda, sedangkan ulat dewasa berwarna hitam dan bintik putih dan bulunya berwarna putih, kepala dan perut berwarna merah cerah, panjang mencapai 50-70 mm. Kepompong berwarna kuning emas dan dilindungi oleh benang sutra yang berwarna kuning emas juga. Kupu-kupu berwarna coklat dengan ukuran yang berbeda antara jantan dan betina. Rentang sayap betina mencapai 8 cm, sedangkan jantan mencapai 6,5 cm. Pada sayap depan kupu-kupu betina terdapat tiga bercak transparan dan garis halus hitam. Ulat ini hidup secara bergerombol, begitu juga dengan kepompongnya, sedangkan kupu-kupunya aktif terbang di malam hari. Daur hidup ulat ini adalah metamorfosis sempurna, dengan lama hidup satu generasi adalah 8-9 minggu. Pada saat fase kepompong, orang-orang mengambilnya untuk dijadikan lauk. Mereka mengkonsumsi kepompong ini dengan cara menggorengnya ( dalam bentuk kering ).
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kadar protein dan lemak pada kepompong ulat Cricula trifenestrata, (2) mengetahui kadar protein dan lemak pada berat basah dan berat kering pada kepompong ulat Cricula trifenestrata, (3) mengetahui perbedaan kadar protein dan lemak pada berat basah dan berat kering. Jenis penelitiaan ini adalah Deskriptif, dengan pendekatan metode observasi laboratorium. Penelitian ini menggunakan sampel 20 biji kepompong ulat Cricula trifenestrata ( 10 biji basah dan 10 biji kering ) yang diambil dari pohon alpukat yang ada Di desa Binangun, Kecamatan Binangun Kabupaten Blitar.
Dari penelitian ini didapatkan hasil kadar protein kepompong ulat Cricula trifenestrata pada berat basah 19,59%, berat kering 58,346%; sedangkan kadar lemak pada kepompong ulat Cricula trifenestrata pada berat basah 0,1362%, berat kering 0,7026%. Kadar protein pada berat basah berbeda nyata dengan berat kering begitu juga dengan kadar lemak pada berat basah berbeda nyata dengan berat kering.

download


Keywords


Kepompong; Cricula trifenestrata; Protein; Lemak