EKSPLORASI KEANEKARAGAMAN ZOOPLANKTON DI PERMUKAAN WADUK SUTAMI KARANGKATES MALANG PADA MUSIM KEMARAU

. NADIROTUL

Abstract


Waduk Sutami merupakan Waduk multiguna yang membendung anak sungai Brantas, sungai Metro dan sungai Lesti, terletak di Kabupaten Malang. Setiap masuknya air keWaduk Sutami memberikan pengaruh berbeda terhadap faktor fisiko-kimia di Waduk sehingga berpengaruh terhadap keanekaragaman, kelimpahan, dan distribusi zooplankton. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keanekaragaman, kelimpahan, dan distribusi zooplankton di permukaan Waduk Sutami Kabupaten Malang pada musim kemarau pada stasiun, dan waktu yang berbeda serta untuk mengetahui hubungan keanekaragaman dan kelimpahan zooplankton terhadap kualitas air di permukaan perairan Waduk Sutami Kabupaten Malang pada musim kemarau.
Metode penelitian adalah metode deskriptif eksploratif. Tempat dan waktu penelitian dilaksanakan di Laboratorium Kedokteran Universitas Muhammadiyah Malang, Laboratorium kimia Universitas Muhammadiyah Malang dan Laboratorium kualitas air Jasatirta, pada tanggal 21 Agustus sampai 30 Oktober 2004. Populasi penelitian adalah seluruh zooplankton di permukaan Waduk Sutami Malang. Sedangkan sampel penelitian adalah zooplankton di (inlet, tengah, outlet Waduk Sutami) dan pada waktu pagi, siang dan sore hari. Teknik analisis data keaneakragaman dan kelimpahan menggunakan Analisi varian 2 jalur, apabila menunjukkan pengaruh maka dilanjutkan dengan uji Multiple Range Test, dan kualitas air mengunakan Analisis regresi linear.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa zooplanton di permukaan Waduk Sutami ditemukan 14 species zooplankton. Terdapat perbedaan keanekaragaman, kelimpahan, dan distribusi zooplankton pada tiap-tiap stasiun dan waktu pantau di permukaan Waduk Sutami Malang pada musim kemarau. Hasil uji kualitas air menunjukkan bahwa peningkatan kualitas air berkorelasi positif dengan nilai indeks keanekaragaman dan kelimpahan.

download


Keywords


Keanekaragaman; kelimpahan; Zooplanton