MAKRO-INVERTEBRATA SEBAGAI INDIKATOR BIOLOGIS KUALITAS AIR SUNGAI (STUDI DI SUNGAI BRANTAS KABUPATEN MALANG)

Ika Agrista

Abstract


Telah dilakukan penelitian tentang:? Makro Invertebrata Sebagai Indikator Biologis Kualitas Air Sungai (Studi di Sungai Brantas Kabupaten Malang)?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi tentang kualitas air Sungai Brantas Kabupaten Malang, atas dasar parameter biologis makro-invertebrata (bentos)
Jenis penelitian ini adalah deskriptif analitik. Adapun sampel yang digunakan adalah air pada aliran Sungai Brantas di Kabupaten Malang, dengan melakukan pencuplikan sebanyak enam kali pada masing-masing stasiun yakni Pendem, Kendalpayak dan Kedung Pendaringan menggunakan jaring bentos model surber dengan ukuran bingkai plat 30 X 30 cm2. Pengukuran parameter fisiko-kimia dilakukan sekali dalam sebulan dalam selang waktu ? 30 hari.
Berdasarkan hasil statistik dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan keanekaragaman makro-invertebrata (bentos) dan kualitas air berdasarkan parameter fisiko-kimia pada stasiun-stasiun pengamatan di sungai Brantas Kabupaten Malang. Kualitas air berdasarkan evaluasi terpadu parameter fisiko-kimia dan indeks keanekaragaman pada stasiun I adalah belum tercemar. Sedangkan jenis makro-invertebrata yang dapat dijadikan sebagai indikator biologis kualitas air yang belum tercemar adalah Cinygmula.

download


Keywords


Makro-invertebrata; Indikator Biologi; Sungai Brantas