IDENTIFIKASI JENIS-JENIS JAMUR YANG MENYERANG PADA TANAMAN KAKAO (Theobroma cacao L.) DI PT. PERKEBUNAN NUSANTARA XII KEBUN NGRANGKAH PAWON KABUPATEN KEDIRI

LIKA ARIE WICANDRA

Abstract


Tanaman kakao merupakan salah satu hasil perkebunan Di Indonesia. Akan tetapi, banyaknya penyakit dapat menurunkan produksi dari tanaman tersebut. Penyakit pada tanaman kakao terutama disebabkan oleh jamur. Jamur tersebut dapat menyerang bagian akar, batang, daun dan buah.
Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui jenis-jenis jamur yang menyerang pada tanaman kakao di PT. Perkebunan Nusantara XII Kebun Ngrangkah Pawon Kabupaten Kediri, yang dilakukan pada semua organ tanaman.
Penelitian dengan cara mengamati tanaman kakao yang menunjukkan gejala serangan jamur. Setelah itu diambil sampel untuk dilakukan penelitian di laboratorium. Pengambilan sampel dengan cara simple random sampling. Selain melakukan identifikasi tentang jenis-jenis jamur yang menyerang tanaman kakao juga dilakukan pengamatan sampai pada kerusakan jaringan. Kerusakan jaringan diamati dari tanaman kakao yang normal dan dibandingkan dengan tanaman kakao yang terserang jamur.
Hasil yang diperoleh terdapat jamur yang menyerang pada bagian akar yaitu Ganoderma sp. Pada bagian batang terdapat Jamur Colletotrichum sp. Pada bagian daun terdapat jamur Colletotrichum sp dan Aureobasidium sp. Pada bagian buah terdapat jamur Phytopthora palmivora dan Aspergillus niger. Selain jamur yang menyerang tanaman, juga ditemukan jamur yang sifatnya sebagai agen pengendali hayati yang terdapat pada akar, jamur ini adalah Trichoderma viridae, Trichoderma piluliferum dan Trichoderma harzianum. Pada bagian batang
Kerusakan jaringan pada akar adalah floem sebagai jaringan pengangkut telah tersebar keseluruh korteks, terdapat lubang-lubang yang tersebar di jaringan endodermis. Kerusakan jaringan pada batang adalah kerusakan terjadi pada bagian epidermis, korteks dan endodermis. Kerusakan jaringan pada bagian daun adalah terdapat warna hitam yang menutupi seluruh jaringan epidermis, jaringan bunga karang dan kutikula. Kerusakan pada bagian buah adalah terdapat warna hitam yang menutupi seluruh permukaan buah yang terdiri atas jaringan dasar.

download


Keywords


anaman Kakao; Jamur; Kerusakan Jaringan