PENGARUH BERBAGAI METODE DAN LAMA PENGOLAHAN TERHADAP KANDUNGAN PROTEIN DAN LEMAK IKAN BANDENG (Chanos chanos Forks)

NUR ATININGSIH

Abstract


Ikan bandeng adalah salah satu jenis ikan yang banyak dibudidayakan di Indonesia. Ikan bandeng merupakan sumber gizi yang sangat penting bagi tubuh yang mengandung protein, lemak, vitamin dan mineral. Komposisi gizi per 100 gr daging bandeng mengandung protein 20 gr dan lemak 4,8 gr. Kandungan protein pada daging bandeng cukup tinggi dan tersusun oleh sejumlah asam amino esensial dan asam amino non esensial yang berpola mendekati kebutuhan asam amino di dalam tubuh manusia. Selain itu ikan bandeng juga mengandung lebih banyak asam lemak tidak jenuh berantai panjang terutama yang tergolong asam lemak omega ? 3. Berbagai macam pengolahan ikan akan mempengaruhi komposisi gizi ikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mempelajari pengaruh berbagai metode dan lama pengolahan terhadap kandungan protein dan lemak ikan bandeng. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi tentang metode dan lama pengolahan ikan bandeng yang tepat sehingga nilai kandungan gizi ikan bandeng tidak berkurang.
Jenis penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah penelitian eksperimen nyata dengan menggunakan Rancanagan Acak Lengkap (RAL) pola faktorial yang terdiri dari 2 faktor perlakuan yaitu metode pengolahan (presto, kukus) dan lama pengolahan (30 menit, 45 menit, 60 menit) dan terdiri dari 4 ulangan yang diuji dengan Uji Normalitas, Uji Homogenitas, Uji Anava 2 Jalur, dan dilanjutkan dengan Uji Duncan?s.
Berdasarkan hasil analisis statistik Anava 2 faktor dan uji Duncan?s diketahui bahwa kandungan protein paling tinggi pada perlakuan M2T1 sebesar 18,0775% dan kandungan lemak tertinggi pada perlakuan M2T1 sebesar 4,5225%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa berbagai metode dan lama pengolahan berpengaruh terhadap kandungan protein dan lemak ikan bandeng. Metode dan lama pengolahan terbaik yang menghasilkan kandungan protein dan lemak tertinggi adalah metode presto dengan lama pengolahan 30 menit.

download


Keywords


Protein Chanos chanos Forks; Pengolahan