STUDI EVALUASI PERENCANAAN STRATEGIS UNTUK REFORMULASI KEBIJAKAN STRATEGIS PEMBELAJARAN KECAKAPAN VOKASIONAL (vocational skills) BUDIDAYA TANAMAN BUNGA DI SMP RADEN FATAH SIDOMULYO BATU

SULIS TIYOWATI

Abstract


Rencana strategis merupakan langkah-langkah kegiatan yang tersusun secara rasional, berkait dan berjangka panjang, serta berdasarkan visi, misi, dan prinsip-prinsip tertentu untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Pelaksanaan perencanaan strategis yang ada di SLTP Raden Fatah Sidomulyo Batu pada pembelajaran kecakapan vokasional (vocational skill) khususnya pada mata pelajaran budidaya tanaman bunga yang dilaksanakan selama tiga tahun ini masih dalam taraf permulaan sehingga belum dapat menghasilkan hasil yang maksimal.
Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui perncanaan strategis yang dilakukan sekolah, untuk mengetahui efektifitas perencanaan strategis, dan untuk mengetahui perencanaan strategis yang ideal dalam meningkatkan mutu pembelajaran kecakapan vokasional budidaya tanaman bunga di SLTP Raden Fatah Sidomulyo Batu.
Jenis penelitian yang digunakan yang digunakan adalah penelitian evaluasi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa, guru, sarana dan prasarana, dana, kurikulum, dan masyarakat sekitar sekolah. Sampel yang digunakan menggunakan teknik purposive sampling. Variabel penelitian meliputi perencanaan strategis, efektifitas perencanaan strategis, dan perencanaan strategis yang ideal. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, obsrvasi, wawancara, dan documenter. Analisis diskriptff persentase.
Hasil yang diperoleh adalah untuk proses perencanaan strategis yang dilakukan sekolah dalam meningkatkan mutu pembelajaran kecakapan vokasional budidaya tanaman bunga sudah tersusun dengan baik dan sistematis, hasil efektifitas perencanaan strategis dalam mengaplikasikan pembelajaran kecakapan vokasional budidaya tanaman bunga sudah berjalan dengan efektif dan lancar terutama dalam hal segi fungsi hubungan masyarakat mencapai 100%. Pada fungsi proses belajar mengajar (PBM) 92,59%, fungsi pendukung PBM tentang ketenagaan 95,83%, fungsi pendukung PBM tentang kurikulim 86,66%, fungsi pendukung PBM tentang kesiswaan 80%, fungsi pendukung PBM tentang sarana 83,33% sudah berjalan dengan efektif hanya saja ada sedikit hambatan, untuk fungsi keuangan masih banyak hambatan yang ditemui sehingga proses berjalannya kurang efektif jika dibandingkan dengan yang lain. Agar pembuatan perencanaan strategis pada pembelajaran kecakapan hidup budidaya tanaman bunga berjalan lebih efektif dan efesien maka perlu dibuat penentuan perencanaan strategis yang ideal dalam peningkatan mutu pembelajaran kecakapan hidup budidaya tanaman bunga khusunya dalan segi fungsi keuangan.

download


Keywords


Evaluasi; Pembelajaran; Perencanaan Strategis