PENGARUH PENDEKATAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT (STM) TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS I SMU MUHAMMADIYAH I MALANG

INMAHMUDAH N

Abstract


Pendidikan Biologi merupakan bagian dari pendidikan umumnya berperan dalam meningkatkan mutu pendidikan. Khususnya dalam menghasilkan peserta didik yang berkualitas, yaitu manusia yang mampu berfikir kritis, kreatif, logis dan berinisiatif dalam menghadapi isu di masyarakat yang diakibatkan oleh dampak perkembangan IPA dan teknologi. Saat ini, pembelajaran Biologi umumnya tidak mengacu pada penyiapan siswa. Guru cenderung memberikan informasi berupa teori yang ada pada buku teks. Sehingga siswa hanya mendengar dan mencatat hal-hal yang dianggap penting. Sedangkan pada pembelajaran Biologi tidak hanya menekankan pada produk, tetapi yang lebih penting ada proses bagaimana menggunakan dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Untuk itu guru menggunakan pendekatan STM (Sains, Teknologi, Masyarakat) yang merupakan gabungan dari pendekatan konsep, pendekatan keterampilan proses, pendekatan CBSA, pendekatan inkuiri dan diskovery serta pendekatan lingkungan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan pendekatan STM terhadap hasil belajar Biologi siswa kelas I SMU Muhammadiyah I Malang. Adapun penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas I SMU Muhammadiyah I Malang, yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas IA = 23 siswa, kelas IB = 21 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik random sampling di mana siswa diperlakukan menjadi dua, yaitu 23 siswa sebagai kelompok STM dan 21 siswa sebagai kelompok non STM. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 1- 10 Maret 2005 di SMU Muhammadiyah I Malang.
Hasil penelitian ini di uji dengan menggunakan uji Anakova. Hasil analisis diperoleh thit 2,796, ttab 2,021 dengan df 42 dengan tingkat signifikan (a) 5%. Karena thit > ttab maka Ho ditolak, berarti rata-rata nilai kelompok STM lebih besar dari kelompok non STM. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan STM berpengaruh terhadap hasil belajar biologi siswa.

download


Keywords


Sain Teknologi; Hasil Belajar; Pembelajaran