PENGARUH KONSENTRASI INFUS DAUN TURI MERAH (Sesbania grandiflora (L.) Pers.) TERHADAP ZONA HAMBAT Candida albicans

ELY SULISTYASIH

Abstract


Keputihan atau dikenal dalam bahasa kedokteran dengan istilah leukore atau white discharge/flour albus merupakan gejala yang ditandai dengan adanya cairan atau lendir dari alat genetalia wanita. Bukan berupa darah. Walaupun keputihan tidak menyebabkan resiko kematian namun juga mengganggu penderitanya. Keluarnya cairan selain darah ini dapat bersifat normal atau tidak normal.
Keputihan normal cairan yang keluar berwarna jernih dan tidak berbau,sedangkan keputihan yang tidak normal atau patologis selain memberikan rasa yang tidak nyaman timbul keluhan lain seperti rasa gatal, cairan yang keluar tidak jernih melainkan berbau. Bila keputihan tidak diobati secara tuntas, infeksi dapat merembet ke rongga rahim kemudian ke saluran telur dan akhirnya rongga panggul. Penderita keputihan yang kronik dapat menjadi mandul. Keputihan yang tidak normal (Patologis) banyak penyebabnya, salah satu penyebab infeksi adalah oleh jamur Candida albicans. Daun turi merah mengandung senyawa tanin, senyawa tanin adalah golongan fenol yang dapat menghambat pertumbuhan Candida albicans.
Penelitian ini merupakan True eksperimen (Eksperimen sungguhan) dengan menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) yang terdiri dari 5 perlakuan (A: konsentrasi 10%, B: konsentrasi 30%, C: konsentrasi 50%, D: konsentrasi 70% dan C: konsentrasi 90%) dan 3 kali ulangan, dengan menggunakan Kontrol positif sebagai pembanding diantara perlakuan. Pelaksanaan dilakukan di Laboratorium Biologi bagian Mikrobiologi UMM pada tanggal 11 Oktober sampai dengan 12 Januari.
Dengan analisa varian satu arah diperoleh kesimpulan bahwa adanya pengaruh pemberian konsentrasi infus daun turi merah terhadap perbedaan diameter zona hambat Candida albicans. Dari analisis uji Duncan?s, perlakuan E (konsentrasi 90%) berbeda nyata dibandingkan dengan perlakuan-perlakuan yang lain. Perlakuan E memberikan hasil yang paling efektif terhadap luas diameter zona hambat Candida albicans yaitu seluas 9,67 mm, sedangkan untuk kontrol positif 10,32 mm.

download


Keywords


Daun Turi; Infus; Konsentrasi