PENGGUNAAN PENDEKATAN KOOPERATIF MODEL STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN AKTIFITAS SISWA DALAM MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS I MAN SRONO BANYUWANGI

ANI RAHMAWATI

Abstract


Tujuan pembelajaran di sekolah selain untuk meningkatkan prestasi akademik siswa juga mampu memberikan keterampilan kepada siswa untuk dapat memahami proses pengetahuan, sikap terhadap bidang yang dipelajarinya dan juga sikap terhadap lingkungan disekitarnya. pendekatan kooperatif model STAD adalah salah satu alternatif metode pembelajaran yang mampu memberikan hasil kedua aspek yang diharapkan untuk mencapai tujuan tersebut. Pendekatan kooperatif pada dasarnya merupakan metode mengajar yang melibatkan siswa dalam kelompok ?kelompok kecil untuk mencapai tujuan dengan ciri-ciri tertentu antara lain seperti saling ketergantungan positif, interaksi langsung antar siswa dan pertanggung jawaban individu. Pendekatan kooperatif model STAD digunakan untuk mengembangkan siswa dalam hal keaktifan dan kemandirian, sikap tanggung jawab dalam belajar dan berani mengemukakan pendapat, berfikir secara kritis dan teratur, disiplin serta keberanian mengambil keputusan. Tujuan penelitian ini (1) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang mengalami pembelajaran dengan metode kooperatif model STAD dengan prestasi belajar siswa yang mengalami pembelajaran dengan metode konvensional. (2) Untuk mengetahui gambaran aktifitas siswa dalam mata pelajaran biologi antara siswa yang mengalami pembelajaran dengan pendekatan konvensional.
Jenis penelitian True experiment dengan metode rancangan pretes dan postes dengan kelompok kontrol.? Pretest-postest control group design? waktu dan tempat penelitian dilaksanakan pada tanggal 13 september sampai dengan tanggal 30 september di Madrasah Aliyah Negri Sono Banyuwangi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas I MAN Srono Banyuwangi yang terdiri dari 3 kelas. Tekhnik pengambilan sampel yaitu simple random sampling yaitu dengan dilotre.metode pengumpulan data dengan test dan mengisi format pengamatan. Teknik analisis yaitu data hasil belajar dianalisis menggunakan uji t, Aktifitas mengunakan deskriptif statistik. Hasil analisis pada (1) pada hasil belajar siswa rerata kelompok kooperatif model STAD 45,3 dan rerata kelompok konvensional 38,21.(2) Aktifitas siswa kelompok kooperatif model STAD lebih aktif dibandindkan kelompok konvensional. Kesimpulan (1) Ada perbedaan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran biologi antara siswa yang mengalami pembelajaran kooperatif model STAD dengan siswa yang mengalami pembelajaran konvensional. (2) Ada perbedaan aktifitas siswa dalam mata pelajaran biologi antara siswa yang mengalami pembelajaran dengan pendekatan koopratif model STAD dengan siswa yang mengalami pembelajaran dengan metode konvensional.

download


Keywords


Pendekatan kooperatif; Hasil belajar; konvensional