ISOLASI BAKTERI DARI LIMBAH CAIR RUMAH TANGGA YANG TERDAPAT DI SELOKAN SEBAGAI BAHAN INOKULUM PENGURAI LIMBAH

ENI MAKSUNAH

Abstract


Limbah merupakan bahan buangan yang berasal dari hasil industri maupun rumah tangga yaitu berupa cair maupun padat yang telah dipergunakan dan terdiri dari zat organik maupun zat anorganik. Zat organik dalam limbah terdiri dari bahan-bahan nitrogen, karbohidrat dan lemak yang bersifat tidak tetap dan menjadi busuk sehingga mengeluarkan bau yang tidak sedap. Limbah dalam bentuk cair akan cepat mengalami pembusukan dan menimbulkan bau yang tidak enak bila penanganannya kurang baik. Hal tersebut terjadi karena limbah cair mengandung bahan organik yang salah satunya adalah karbohidrat.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui berbagai macam bakteri yang dapat diisolasi dari limbah cair. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan satu variabel yaitu isolasi bakteri. Sampel dalam penelitian ini adalah limbah cair yang di ambil di selokan dengan ulangan sebanyak 3 kali. Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian di lakukan di Laboratorium Biologi Universitas Muhammadiyah Malang pada Tanggal 24 Maret sampai dengan 7 April 2005.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa didalam limbah cair rumah tangga ditemukan berbagai macam isolat bakteri yang diduga bisa digunakan sebagai inokulum pengurai limbah.

DOWNLOAD


Keywords


Bakteri