PENGARUH INFUS DAUN ILER (Coleus scutellarioides (L.) Benth.) TERHADAP ZONA HAMBAT Candida albicans

ELLY MASRUROH

Abstract


Tumbuhan iler (Coleous scutellarioides (L.) Benth.) merupakan salah satu tumbuhan yang dapat digunakan sebagai obat tradisional. Hasil infus daun iler (Coleous scutellarioides (L.) Benth.) dapat digunakan sebagai penghambat pertumbuhan jamur Candida albicans. Hal ini disebabkan bagian tumbuhan tersebut mengandung tanin yang secara farmakologi dapat bermanfaat sebagai antijamur. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh infus daun iler (Coleous scutellarioides (L.) Benth.) dalam penghambatan pertumbuhan jamur Candida albicans, dan untuk mengetahui konsentrasi berapakah daun iler (Coleous scutellarioides (L.) Benth.) yang paling efektif dalam penghambatan jamur Candida albicans.
Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen sungguhan dengan menggunakan Rancangan acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari perlakuan konsentrasi dan masing-masing perlakuan diulang 3 kali. Adapun perlakuan tersebut adalah perlakuan pemberian infus daun iler (Coleous scutellarioides (L.) Benth.) dengan konsentrasi 30%, 40%, 50%, 60%, 70% dan 80%.
Hasil uji statistik dengan menggunakan SPSS versi 10.0.1 diperoleh kesimpulan bahwa infus daun iler (Coleous scutellarioides (L.) Benth.) mempunyai pengaruh terhadap pertumbuhan jamur Candida albicans. Sedangkan konsentrasi infus daun iler (Coleous scutellarioides (L.) Benth.) yang paling efektif untuk menghambat pertumbuhan jamur Candida albicans adalah konsentrasi 80%.

download


Keywords


Candida albicans; Infus