DAYA ANTISEPTIK BERBAGAI MEREK dan KONSENTRASI SABUN CAIR SIRIH terhadap Candida albicans secara in vitro

IKE YUNI SUNDAYARWATI

Abstract


Sabun cair sirih merupakan sabun cair yang mengandung ekstrak sirih yang dapat digunakan untuk menjaga daerah kewanitaan dan mencegah keputihan. Sabun cair sirih dapat digunakan untuk menghambat pertumbuhan jamur penyebab keputihan yaitu jamur Candida albicans. Hal ini disebabkan sabun cair sirih tersebut mengandung bahan-bahan kimia penyusun sabun yang berfungsi sebagai zat aktif sabun yang bersifat bakterisida dan ekstrak sirih yang di dalamnya terdapat eugenol (turunan fenol) yang mempunyai sifat antiseptik, dapat mematikan Candida albicans.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan daya antiseptik sabun cair sirih dengan berbagai merk dan konsentrasi terhadap Candida albicans, untuk mengetahui sabun cair sirih merk apa dengan konsentrasi berapa yang mempunyai daya antiseptik paling efektif terhadap zona hambat Candida albicans.
Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperiment semu (quasi-experiment) dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 2 variabel bebas yaitu berbagai merk sabun cair sirih (sabun cair sirih purbasari, sabun cair sirih pradasari dan evita) dan konsentrasi sabun (40%, 50%, 60%, 70%, 80%, 90% dan 100%. Sedangkan variabel terikatnya adalah diameter zona hambat yang dibentuk oleh Candida albicans. Dengan masing-masing perlakuan diulang sebanyak 3 kali.
Hasil uji statistik dengan menggunakan Analisis Varians dua jalur diperoleh kesimpulan bahwa ada perbedaan daya antiseptik sabun cair sirih dengan berbagai merk dan konsentrasi terhadap zona hambat Candida albicans. Sedangkan kombinasi sabun cair sirih dengan konsentrasi yang paling efektif untuk menghambat pertumbuhan Candida albicans adalah sabun cair sirih pradasari dengan konsentrasi 100%, akan tetapi sabun cair sirih evita dengan konsentrasi 100% dan sabun cair sirih pradasari dengan konsentrasi 90% sudah bisa juga digunakan unutuk mencegah keputihan karena bersifat sensitif.

Keywords


Sirih; Sabun; Antiseptik