UJI KADAR NITRAT-NITRIT PADA CHICKEN NUGGET YANG DIJUAL DI DAERAH MALANG

NURHIDAYATUR RACHMAN S

Abstract


Makanan asal hewan pada umumnya terdiri dari daging, telur dan susu, merupakan produk makanan yang melebihi kandungan protein yang sangat dibutuhkan oleh manusia. Di lain pihak daging, telur dan susu mempunyai kelemahan karena sifatnya mudah rusak (Perisable food) bila tidak dikelola secara baik dan benar serta bertindak sebagai sumber penularan penyakit hewan dan bukan tidak mungkin berakibat fatal bagi kesehatan manusia yang mengkonsumsi makanan tersebut.
Garam Nitrat dan Nitrit umumnya digunakan dalam proses curing daging untuk memperoleh warna yang baik dan mencegah pertumbuhan mikroba. Akan tetapi Nitrat-Nitrit dapat dikatakan berbahaya karena penggunaan Nitrat-Nitrit dapat bereaksi dengan amin sekunder, seperti prolin atau derivat poliamin yang ada dalam bahan makanan pada kondisi pH yang sama dengan lambung dan membentuk senyawa karsinogen (penyebab kanker) yang kuat yang disebut nitrosamine
Penelitian di lakukan di Laboratorium Kimia pada tanggal 26-29 Oktober 2004. jenis penelitian adalah penelitian Deskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa kadar Nitrat-Nitrit pada Chiken nugget yang dijual di daerah Malang dan untuk mengetahui kadar Nitrat-Nitrit pada Chicken Nugget yang dijual Di daerah Malang sesuai batas penggunaan Nitrat-Nitrit yang telah diizinkan oleh DepKes RI.
Dari hasil penelitian melalui metode Spektrofotometri yang dilakukan di Laboratorium Kimia UMM diketahui bahwa kadar Nitrat tertinggi pada Chicken nugget bermerk Fiesta yang di jual di Ramayana yaitu 34.845 mg/kg dan kadar terendah yaitu Fiesta yang dijual di Mitra yaitu 24.14 mg/kg. Sedangkan kadar Nitrit tertinggi yaitu So-good yang dijual di Matahari yaitu 16.751 mg/kg dan kadar Nitrit terendah yaitu So-good yang di jual di Ramayana yaitu 9.6627 mg/kg.Karena tanggal produksi berbeda maka kadar Nitrat-Nitrit juga berbeda Kadar Nitrat tertinggi pada Chiken nugget tanpa merk yaitu Chicken nugget tanpa merk yang dijual di Pasar Besar (A2) yaitu 76.861 dan kadar Nitrat terendah yaitu Chiken nugget tanpa merk yang dijual di Pasar Blimbing (B2) yaitu 32.939 mg/kg sedangkan kadar Nitrit tertinggi yaitu Chiken nugget tanpa merk yang dijual di Pasar Besar (A2) yaitu 30.418 mg/kg dan Kadar Nitrit terendah yaitu Chiken nugget tanpa merk yang di jual di pasar Dinoyo (C2) yaitu 10.187mg/kg. Kesimpulan dari ketiga Chicken nugget tersebut masih bisa dikonsumsi karena dibawah ambang batas yang telah diizinkan oleh DepKes RI.

download


Keywords


Kadar nitrat-nitrit; Chicken Nugget; Spektrofotometri