DAYA ANTIMIKROBIAL INFUS DAUN SENDOK (Plantago mayor L.) TERHADAP PERTUMBUHAN BAKTERI Shigella dysenteriae

Wiwin Nur Azizah

Abstract


Tumbuhan daun sendok (Plantago mayor L.) merupakan sebagian tumbuhan yang dapat digunakan sebagai obat tradisional. Pengobatan dengan menggunakan bahan-bahan tradisional seringkali diterapkan dengan berbagai alasan antara lain: lebih manjur, lebih cocok, merupakan kebiasaan keluarga, dapat ditanam di sekitar tempat pemukiman dan lebih diyakini khasiatnya. Infus daun sendok (Plantago mayor L.) dapat digunakan sebagai penghambat pertumbuhan bakteri Shigella dysenteriae. Hal ini disebabkan pada daun sendok (Plantago mayor L.) mengandung aukubin yang secara farmakologi dapat bermanfaat sebagai antidisentri. Shigella merupakan penyebab terbanyak dari penyakit disentri yang disebabkan oleh kuman. Gejala dari shigellosis yaitu: nyeri perut, kejang perut, diare dan demam,tinja cair tetapi sedikit, sesudah beberapa kali mengejan dan buang air kemudian keluar lendir, nanah, kadang-kadang darah.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh berbagai konsentrasi infus daun sendok (Plantago mayor L.) terhadap pertumbuhan bakteri Shigella dysenteriae, untuk mengetahui konsentrasi infus daun sendok (Plantago mayor L.) yang paling efektif dalam penghambatan pertumbuhan bakteri Shigella dysenteriae. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen sungguhan dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri atas delapan perlakuan (A: konsentrasi 0%, B: konsentrasi 2%, C: konsentrasi 4%, D: konsentrasi 6%, E: konsenrasi 8%, F: konsentrasi 10%, G: konsentrasi 12% dan H: konsentrasi 14%) dan empat kali ulangan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa infus daun sendok (Plantago mayor L.) berpengaruh terhadap pertumbuhan bakteri Shigella dysenteriae. Sedangkan konsentrasi infus daun sendok (Plantago mayor L.) yang paling efektif untuk menghambat pertumbuhan bakteri Shigella dysenteriae adalah konsentrasi 8%.

download


Keywords


Antimikrobial; Plantago mayor L.; Farmakologi