PENGARUH KONSENTRASI EKSTRAK BIJI SRIKAYA (Annona squamosa L.) TERHADAP MORTALITAS LARVA NYAMUK Aedes aegypti

DARMA SETIAWAN

Abstract


Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) atau Dengue Hemorrhagic Fiver (DHF) disebabkan oleh virus Dengue yang disebarkan oleh nyamuk Aedes aegypti melalui nyamuk betina. Sampai saat ini belum ditemukan jenis vaksin dan obat untuk mencegah penyakit demam berdarah, sehingga satu-satunya cara untuk mencegah penyakit DBD adalah dengan cara pembrantasan vektor. Pembrantasan vektor yang menimbulkan dampak negatif, seperti perkembanggan ke arah resistensi serangga sasaran, dan mencemari lingkunggan. Sehingga diperlukan metode yang paling efektif untuk mengendalikan nyamuk demam berdarah, salah satu cara yaitu dengan cara membunuh jentik-jentik dengan menggunakan bahan alami (insektisida nabati). Salah satu tanaman yang dapat digunakan sebagai insektisida nabati adalah biji srikaya (Annona squamosa L.) mengandung bahan beracun yang disebut squamosin dan asimisin. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pengaruh berbagai konsentrasi ekstrak bijisrikaya (Annona squamosa L.) terhadap mortalitas larva nyamuk Aedes aegypti, 2) Untuk mengetahui konsentrasi ekstrak biji srikaya (Annona squamosa L.) yang efektif terhadap mortalitas larva nyamuk Aedes aegypti.
Jenis penelitian ini adalah eksperimen sungguhan (true-eksperimental research), disain penelitian yang digunakan adalah The Postest-only Control Group Desing. Tempat dan waktu penelitian di laksanakan di laboratorium kimia Universitas Muhammadiyah Malang pada tanggal 2 ? 11 Februari 2005. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu konsentrasi ekstrak biji srikaya, variabel terikat yaitu mortalitas larva nyamuk, variadek kontrol yaitu waktu, aquades, makanan, suhu kamar, tempat penelitian, dan wadah larva. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 10 perlakuan yaitu A(0%), B(0,01%), C(0,05%), D(0,1%), E(0,15%), F(0,2%), G(0,25%), H(0,3%), I(0,35%), J(0,4%), dan 3 kali ulangan. Analisis data yang digunakan adalah terknik analisis data varian satu arah.
Hasil analisis varian menunjukkan bahwa Fhitung (0,783) < Ftabel (2,21) pada taraf signifikan (0,05), berarti menunjukkan tidak ada perbedaan yang nyata berbagai konsentrasi ekstrak biji srikaya (Annona squamosa L.) terhadap mortalitas larva nyamuk Aedes aegypti. Pada konsentrasi 0,2% ekstrak biji srikaya (Annona squamosa L.) tidak dapat digunakan untuk membunuh larva nyamuk Aedes aegypti.

download


Keywords


Ekstrak, Srikaya, Nyamuk Aedes aegypti