PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL STAD TERHADAP PRESTASI BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA DI MA. MIFTAHUL JANNAH GADING PROBOLINGGO

WIWIN YUNI ASTUTIK

Abstract


Pembelajaran kooperatif merupakan model pembelajaran yang relatif baru. Model pembelajaran ini dirancang untuk memberi peluang kepada siswa dan memperoleh pengalaman sehingga dapat mengembangkan tingkah lakunya sesuai sasaran belajar.
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan proses dan hasil penerapan pembelajaran kooperatif model STAD dalam upaya meningkatkan prestasi belajar dan aktivitas siswa kelas I semester I di MA. Miftahul Jannah Gading Probolinggo. Adapun penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Populasi yang digunakan adalah semua siswa kelas I MA. Miftahul Jannah Gading Probolinggo. Pengambilan sapel menggunakan teknik Purposive sampling yakni subjek didasarkan atas ciri-ciri atau sifat-sifat yang sudah diketahui sebelumnya, sehingga sampel yang digunakan adalah kelas IB. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 30 September ? 30 November 2004 di MA. Miftahul Jannah Gading Probolinggo.
Analisa data yang digunakan dalam menelitian ini adalah analisa kualitatif dan kuantitaif. Untuk prestasi belajar menggunakan kuantitatif karena untuk mengetahui nilai rata-rata (mean). Sedangkan aktivitas siwa menggunakan kualitatif karena hanya diperlukan pengamatan dan informasi yang rinci dan komprehensif. Hasil dari analisis ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif model STAD dapat mengingkatkan prestasi belajar dan aktivitas siswa.

 


Keywords


STAD