STUDI TENTANG KANDUNGAN BAKTERI Escherichia coli PADA ES CREAM TRADISIONAL DI KELURAHAN KADEMANGAN KECAMATAN KADEMANGAN KABUPATEN BLITAR

Elvin Hidayati

Abstract


Es cream merupakan makanan yang bergizi tinggi dan digemari oleh masyarakat. Es cream bisa dibuat secara tradisional maupun modern, namun demikian tidak semua makanan baik yang dibuat secara tradisional maupun modern bebas dari kontaminasi bakteri.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kandungan bakteri Escherichia coli pada es cream yang diolah secara tradisional dan kelayakan es cream yang diolah secara tradisional yang ditinjau dari nilai MPN coliform. Parameter yang digunakan adalah jumlah Bakteri Escherichia coli. Jenis penelitian ini adalah deskriptif yaitu untuk membuat pencandraan secara sistematis, faktual, dan akurat mengenai fakta-fakta dan sifat-sifat populasi atau daerah tertentu. Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Biologi Universitas Muhammadiyah Malang. Populasi yang digunakan adalah semua es cream yang diolah secara tradisional di Kelurahan Kademangan Kecamatan Kademangan Kabupaten Blitar. Sampel diambil dari es cream yang diolah secara tradisional pada 5 penjual. Teknik analisis data dengan menggunakan metode MPN (Most Probable Number) yaitu hasil pengamatan dicocokkan dengan tabel MPN dan dibandingkan dengan standart Departemen Kesehatan RI No.907/MENKES/SK/VII/2002.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata total kandungan Bakteri Escherichia coli yang terdapat dalam es cream yang diolah secara tradisional mengandung 2,6x108 unit koloni/ml sampel. Dengan demikian es cream yang diolah secara tradisional di Kelurahan Kademangan Kecamatan Kademangan Kabupaten Blitar tidak memenuhi standart yang ditetapkan oleh Departemen Kesehatan RI No.907/MENKES/SK/VII/2002 bahwa kandungan bakteri Escherichia coli atau fekal coli disyaratkan tidak boleh melebihi angka 0/100ml air sampel.

download


Keywords


Escherichia coli; ES CREAM; BAKTERI