JUMLAH BAKTERI Escherichia coli PADA MINUMAN ES CAMPUR YANG DIJUAL DI DAERAH TLOGOMAS KECAMATAN LOWOKWARU KOTA MALANG

. MIFTAHUNURRAHMANI

Abstract


Air merupakan zat yang penting dalam kehidupan. Manusia tidak bisa hidup tanpa air. Begitu pentingnya air untuk kehidupan manusia, baik manusia sebagai makhluk hidup maupun manusia sebagai makhluk yang berbudaya. Semakin tinggi kebudayaan manusia air tidak saja digunakan untuk kehidupan primer, tetapi juga digunakan untuk kebutuhan sekunder. Untuk kebutuhan rumah tangga air bisa dikonsumsi secara langsung harus memenuhi syarat ? syarat kesehatan. Di sekitar Daerah Tlogomas Kecamatan Lowokwaru Kotamadya Malang banyak penjual es campur menggunakan air untuk membuat campuran es campur serta mencuci alat ? alat yang digunakan dalam pembuatan es campur. Air yang mereka gunakan berasal dari berbagai tempat. Hal ini tidak menutup kemungkinan bahwa air yang mereka gunakan tidak bersih.
Berkaitan dengan hal di atas, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas minuman es campur yang dijual di Daerah Tlogomas Kecamatan Lowokwaru Kotamadya Malang secara mikrobiologi yakni dengan menghitung jumlah koliform total dan koliform tinja serta E coli tinja. Variabel dalam penelitian ini adalah jumlah bakteri Escherichia coli. Populasi dalam penelitian ini adalah minuman es campur yang dijual di Daerah Tlogomas Kecamatan Lowokwaru Kotamadya Malang. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah 9 bungkus es campur dari 9 penjual. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 7 Desember 2004 s/d 29 Januari 2005 di Laboratorium Biologi Universitas Muhammadiyah Malang. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah menggunakan analisis JPT ( Jumlah Perkiraan Terdekat ) yang sesuai dengan petunjuk Depkes RI.
Dari analisis dapat diperoleh hasil bahwa kualitas minuman es campur yang dijual di Daerah Tlogomas Kecamatan Lowokwaru Kotamadya Malang tersebut tidak layak untuk dikonsumsi, karena dari sembilan sampel tersebut tercemar karena adanya Koliform total dan Koliform tinja serta E. coli tinja. Dari sembilan sampel menunjukan nilai Koliform total tertinggi yaitu 4,9 x 105/100 ml dan Koliform tinja 3 x 105/ 100 ml serta nilai E coli tinja tertinggi 2,8 x 104 unit koloni / ml. Angka ini sudah menunjukan nilai tinggi penyimpangan kualitas air dari Depkes RI, tahun 2002 yang ditetapkan.

download


Keywords


Kandungan bakteri; Escherichia coli; Koliform