PENGARUH BERBAGAI MACAM KOMPOSISI PADA MEDIA JERAMI TERHADAP PERTUMBUHAN MASSA SEL BIBIT JAMUR MERANG (Volvariella volvacea)

ANDY RISDIYANTO

Abstract


Jamur merupakan salah satu komoditas yang dapat dikembangkan karena dapat digunakan sebagai diversifikasi bahan pangan dan untuk penganekaragaman makanan. Jamur dianggap sebagai makanan berkualitas tinggi baik dalam rasa, dan nilai gizinya, Sehingga jamur merupakan bahan pangan yang baik bagi manusia karena mempunyai serat, vitamin jenis bahan organik, dan sedikit lemak. Media yang akan digunakan untuk pertumbuhan adalah merang atau tangkai padi, sekam, kapas bekas, kertas bekas, daun pisang yang mengandung nutisi berbeda-beda. Untuk meningkatkan kualitas media, salah satunya dengan menambahkan bahan-bahan makanan dari luar, salah satunya adalah biji-bijian sereal. Sehingga nutrisi yang ada dalam media sangat penting untuk pertumbuhan jamur untuk mendapatkan jamur yang berkualitas.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh berbagai komposisi makanan yang berasal dari jagung, beras menir dan bekatul terhadap pertumbuhan massa sel bibit jamur merang. Penelitian ini dilakukan di Laboratorium Pertanian Universitas Muhammadiyah Malang dengan mengunakan Rancangan Acak Lengkap, mengunakan 10 perlakuan 3 ulangan. Perlakuan yang digunakan adalah berbagai macam komposisi yang terdiri yaitu: K0 (kontrol), K1 (komposisi jagung 25%dan komposisi jerami 75%), K2 (komposisi jagung 35% dan komposisi jerami 65%), K3 (komposisi jagung 45% dan komposisi jerami 55%), K4 (komposisi bekatul 25% dan komposisi jerami 75%), K5 (komposisi bekatul 35% dan komposisi jerami 65%), K6 (komposisi bekatul 45% dan komposisi jerami 55%), K7 (komposisi beras menir 25% dan komposisi jerami 75%), K8 (komposisi beras menir 35% dan komposisi jerami 65%), K9 (komposisi beras menir 45% dan komposisi jerami 55%). Parameter yang diamati terdiri dari pertumbuhan massa sel bibit jamur merang, bibit jamur merang.
Hasil pengamatan menunjukkan berbagai komposisi berpengaruh terhadap pertumbuhan massa sel bibit jamur merang. Dan untuk hasil yang terbaik pada perlakuan dari tepung jagung K2 (komposisi jagung 35% dan komposisi jerami 65%), tetapi tidak berbeda nyata pada perlakuan K3 dan K9.

download


Keywords


Pertumbuhan; Jerami; Jamur Merang