PENGARUH JENIS PELARUT DAN KONSENTRASI EKSTRAK UMBI GADUNG (Dioscorea hispida Dennst.) TERHADAP MORTALITAS LARVA Aedes aegypti L.

NUNUNG NURHAYATI

Abstract


Demam berdarah dengue (DBD) merupakan penyakit sangat berbahaya yang disebabkan oleh virus Dengue. Siklus hidup virus ini berada dalam tubuh Aedes aegypti L. yang juga merupakan vector perantara penularan pada manusia. Selama ini pencegahan DBD dilakukan dengan memberantas Ae. aegypti L. dengan pengasapan yang membutuhkan biaya yang cukup mahal. Umbi gadung merupakan salah satu tanaman yang mengandung senyawa yang bersifat insektisida yaitu dioscorin, diosgenin dan HCN. Karena umbi gadung mengandung bahan insektisida dan bersifat biodegradable sehingga aman bagi lingkungan maka dilakukan penelitian untuk melihat adanya pengaruh jenis pelarut dan konsentrasi ekstrak umbi gadung (Dioscorea hispida Dennst.) terhadap larva Aedes aegypti L.
Perlakuan yang diuji meliputi: Ekstrak umbi gadung (D. hispida Dennst.) dengan pelarut air dan pelarut etanol, berbagai konsentrasi ekstrak umbi gadung (D. hispida Dennst.) yaitu: 0%; 3%; 3,5%; 4%; 4,5% dengan 3 kali ulangan. Rancangan yang digunakan adalah RAL. Populasi adalah Aedes aegypti L. yang dibiakkan diLab. Kimia Universitas Muhammadiyah Malang. Jumlah sampel 20 ekor pada instar 3 awal 4. Analisa data menggunakan Anava dua arah dan uji lanjut dengan Uji BNT 5%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis pelarut dan konsentrasi berbeda pada ekstrak umbi gadung (D. hispida Dennst.) berpengaruh nyata terhadap mortalitas larva Aedes aegypti L., pelarut etanol memiliki daya larut lebih tinggi dibandingkan pelarut aquades, sedangkan untuk konsentrasi semakin tinggi konsentrasi maka semakin tinggi tingkat mortalitas larva Aedes aegypti L

 


Keywords


PENGARUH; EKSTRAK UMBI GADUNG; LARVA Aedes aegypti L