PENGARUH KOMBINASI KOTORAN SAPI DAN LIMBAH PERTANIAN TERHADAP KUALITAS (KALORI DAN LAMA NYALA API) BRIKET

WAHYU ARDHI LAKSA

Abstract


Penelitian ini dilakukan dilaboratorium FAPETRIK Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dengan jangka waktu pelaksanaan penelitian dimulai pada bulan Oktober sampai Desember 2008.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh berbagai konsentrasi kotoran sapi terhadap kualitas briket terutama ditinjau dari kalori dan lama nyala api.
Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah kotoran sapi, tempurung kelapa, lem kanji, sekam padi, dan serbuk gergaji kayu. Penelitian ini menggunakan metode percobaan dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap. Sebagai perlakuan adalah berbagai kombinasi komposisi penggunaan limbah kotoran sapi, tempurung kelapa, sekam padi dan serbuk gergaji, sebagai perlakuan menggunakan perbandingan yang berbeda masing-masing diulang 3 kali. Data yang diperoleh dianalisa varian untuk membedakan nilai rataan perlakuan, dilakukan uji BNT.
Hasil dari penelitian pengaruh kombinasi penggunaan kotoran sapi dan limbah pertanian terhadap kalori dan kadar lama nyala api briket menunjukkan bahwa ada pengaruh yang sangat nyata (F.Hit>F.Tabel 1%) kombinasi penggunaan kotoran sapi dan limbah pertanian terhadap kalori dan lama nyala api briket.
Kombinasi penggunaan kotoran sapi dan limbah pertanian yang terbaik dalam memperoleh kualitas (kalori dan lama nyala api) briket adalah kombinasi satu bagian kotoran sapi dengan tiga bagian limbah pertanian.

 

Keyword : PENGARUH KOMBINASI KOTORAN,(KALORI DAN LAMA NYALA API) BRIKET


Keywords


PENGARUH KOMBINASI KOTORAN; (KALORI DAN LAMA NYALA API) BRIKET; UMM