PENGARUH PEMBERIAN JAMUR TIRAM MERAH (Pleurotus flabellatus) TERHADAP BIODEGRADASI LIGNIN DAN SELULOSA PADA BERBAGAI VARIETAS JERAMI PADI

VINA AFRILIANI SU'UDIAH

Abstract


Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui berapa kandungan selulosa dan lignin yang terdegradsai oleh Pleurotus flabellatus. Sampel jerami padi yang digunakan di ambil di Desa Sananrejo, Sawahan dan Kemulan, Kecamatan Turen. Sedangkan analisa laboraturium bertempat di Laboraturium Peternakan, Universitas Muhammadiyah Malang. Rancangan yang dipakai dalam penelitian ini adalah Rancang Acak Kelompok (RAK), dan BNT sebagai uji lanjutan.
Materi dalam penelitian ini menggunakan jerami padi dengan varietas yang berbeda yaitu IR64, Cibodas dan Cibogor sebanyak 20 gram yang dicampur dengan 10% (2gr) dedak jagung dan sebagai perlakuan menggunakan jamur Tiram Merah (Pleurotus flabellatus) dengan level 0%, 15%, 20% dan 25%.
Setelah 21 hari fermentasi level terbaik Pleurotus flabellatus adalah 20%, dengan penurunan kandungan selulosa sampai dengan 33,46%. Pada blok Anava menunjukkan tdak berpengaruh nyata (P>0,05) tetapi pada perlakuan berpengaruh sangat nyata (P<0,01) dan BNT menunjukan berpengaruh sangat nyata.
Biodegradasi Pleurotus flabellatus mampu menurukan kandungan lignin pada tiap varietas jerami tetapi pada tiap level perlakuan respon yang diberikan berbeda. Pada varietas IR64 degradasi lignin tertinggi pada level 15%. Mencapai 53,41%, sedangkan pada Cibodas degradasi ligin tetinggi pada level 25% sebanyak 32,23% dan pada varietas Cibogor level 20% merupakan level terbaik dengan penurunan lgnin sebanyak 61,58%. Pada Anava blok menunjukkan berpengaruh nyata dan pada perlakuan berpengaruh sangat nyata (P<0,01). Pada BNT tiap level Pleurotus flabellatus berpengaruh nyata dalam penurunan lignin.
Kesimpulannya Pleurotus flabelltus mampu melakukan biodegradasi lignin dan selulosa. Pada penurunan selulosa level terbaik adalah 20% sedangkan pada penurunan lignin ketiga level perlakuan berpengaruh terhadap masing-masing varietas jerami padi. Saran untuk penelitian ini jamur ini dapat digunakan sebagai alternatif bagi perbaikan nilai nutrisi jerami padi.

 

Download


Keywords


pengaruh jamur tiram merah,biodegradasi