Hubungan Antara Bobot Badan Awal Dan Konsumsi Pakan Terhadap Pertambahan Bobot Badan Sapi Peranakan Ongole Yang Diberi Jerami Padi Fermentasi Dengan Starter Yang Berbeda

Dwi Indah Oktaviani

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan penggunaan starter yang berbeda terhadap tampilan produksi dan hubungan antara bobot badan awal dan konsumsi pakan terhadap pertambahan bobot badan sapi Peranakan Ongole. Penelitian ini dilaksanakan mulai tanggal 1 Mei sampai 20 Juni 2003.
Materi yang digunakan yaitu 200 ekor sapi Peranakan Ongole yang terdiri dari 100 ekor mengkonsumsi jerami padi menggunakan starbio dan 100 ekor menggunakan CattleGro dengan umur 2 ? 2,5 tahun dan berat badan awal yang beragam antara 265 ? 357 kg. Pakan yang digunakan terdiri dari jerami padi fermentasi dan konsentrat. Metode yang digunakan adalah survey dengan uji T dan analisis korelasi dan regresi berganda.
Hasil uji T menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang nyata terhadap perkembangan bobot badan harian dan efisiensi pakan sedangkan terhadap konsumsi pakan penggunaan starter yang berbeda terdapat perbedaan yang nyata. Hasil uji F menunjukkan bahwa hubungan bobot badan awal dan konsumsi pakan berpengaruh sangat nyata terhadap pertambahan bobot badan baik dengan menggunakan starter starbio maupun CattleGro. Pada penggunaan starbio dan cattlegro hasil analisa menunjukkan bahwa terjadi korelasi positif dengan nilai koefisien determinan (r) sebesar 0,9.
Kesimpulan yang diperoleh adalah terdapat perbedaan yang nyata antara konsumsi pakan tetapi tidak terdapat perbedaan yang nyata pada pertambahan bobot badan harian dan efisiensi pakan serta ada hubungan yang erat antara bobot badan awal dan konsumsi pakan terhadap pertambahan bobot badan.
Disarankan kepada peternak untuk menggunakan cattlegro sebagai starter jerami padi fermentasi karena dapat menghasilkan pertambahan bobot badan yang tidak berbeda dengan starbio tetapi tingkat konsumsi pakannya lebih rendah dibandingkan jerami padi fermentasi menggunakan starbio.

 

Download


Keywords


SAPI PERANAKAN ONGOLE