PENGARUH FERMENTASI ECENG GONDOK (Eichornia crassipes) DENGAN Trichoderma harzianum TERHADAP KADAR PROTEIN KASAR DAN SERAT KASAR

Muhammad Martajuddin Nuur

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan mulai tanggal 5 Mei 2003 sampai dengan 6 Juni 2003 di Laboratorium Fakultas Peternakan Perikanan Universitas Muhammadiyah Malang.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh fermentasi eceng gondok (Eichornia crassipes) dengan Trichoderma harzianum terhadap kadar protein kasar dan serat kasar. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen (percobaan) dengan Rancangan Acak Lengkap atau RAL, materi yang digunakan adalah ,eceng gondok dengan menggunakan perlakuan 0 hari, 3 hari, 6 hari, 9 hari, 12 hari, 15 hari dan masing-masing perlakuan diulang 4 kali. Kemudian data diolah dengan Analisa Variansi, jika berbeda uji dengan BNT. Hasil penelitian menunjukkan pengaruh tidak berbeda nyata (P≤0,05) terhadap protein kasar dan berbeda sangat nyata(P≥0,05) tehadap serat kasar.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa pengaruh fermentasi eceng gondok dengan Trichoderma harzianum tidak berbeda nyata terhadap protein kasar dan berbeda sangat nyata terhadap serat kasar. Saran bahwa untuk memperoleh hasil fermentasi eceng gondok dengan serat kasar yang rendah dapat menggunakan jenis kapang Trichoderma harzianum.
This research was done beginning from 5 Mei 2003 until 6 Juni 2003 in Laboratory of Faculty Animal Husbandry Fishery Muhammadiyah University of Malang. 

 

Download


Keywords


fermentasi eceng gondok, trichoderma harzianum, protein kasar