Pengaruh Cara Pemberian Pakan Dan Penambahan Probiotik Pada Pakan Terhadap Konsumsi Dan Kecernaan Serat Kasar Pada Domba

RITA SYAHWANI

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan di Eksferimental Farm Fakultas Peternakan Universitas Muhammadiyah Malang pada bulan Agustus tahun 2003.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada interaksi antara cara pemberian pakan dan penambahan probiotik pada pakan terhadap konsumsi dan kecernaan serat kasar pada domba, untuk mengetahui apakah ada pengaruh cara pemberian pakan terhadap konsumsi dan kecernaan serat kasar pada domba, untuk mengetahui apakah ada pengaruh penambahan probiotik pada pakan terhadap konsumsi dan kecernaan serat kasar pada domba.
Kegunaan dari penelitian ini adalah untuk dapat memberikan masukan bagi para peternak tentang cara pemberian pakan dan penambahan probiotik dalam pakan serta dapat menambah khasanah ilmu pengetahuan khususnya pakan ternak domba.
Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah domba ekor gemuk sebanyak 16 ekor yang berumur + 4 bulan. Metode percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) pola faktorial dengan 4 perlakuan dan 4 ulangan. Perlakuan yang diberikan terdiri dari A1 (pemberian pakan hijauan lebih dahulu kemudian konsentrat), A2 (pemberian paka konsentrat lebih dahulu kemudian hijauan), B1 (penambahan probiotik) dan B2 (tidak ditambah probiotik). Pengambilan dilakukan selama 2 minggu.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai konsumsi serat kasar tertinggi didapat pada perlakuan A1B2 (pemberian pakan hijauan lebih dahulu kemudian konsentrat dan tidak ditambah probiotik) sedangkan untuk kecernaan serat kasar hanya penambahan probiotik yang dapat memberikan pengaruh yang sangat nyata.
Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah bahwa terdapat interaksi antara cara pemberian pakan dan penambahan probiotik pada pakan terhadap konsumsi serat kasar pada domba sedangkan penambahan probiotik memberikan pengaruh yang sangat nyata terhadap kecernaan serat kasar pada domba.

 

Download


Keywords


Domba