Evaluasi umbi talas ( colocasia sp.) Yang berbeda jenis terhadap penetapan retensi nitrogen dan nilai biologis pakan pada ayam pedaging

Nur Fika Dwi Rahmawati

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan mulai tanggal 14 September sampai dengan 24 September 2003 di Experimental Farm dan Laboratorium Ilmu Nutrisi dan Makanan Ternak Fakultas Peternakan-Perikanan Universitas Muhammadiyah Malang.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pemberian umbi talas yang berbeda jenis terhadap penetapan retensi nitrogen dan nilai biologis pakan pada ayam pedaging.
Materi yang digunakan adalah 10 ekor ayam pedaging yang ditempatkan pada kandang individual. Rancangan penelitian yang diterapkan adalah Rancangan Acak Lengkap ( RAL ) dengan 3 perlakuan umbi talas yang berbeda jenis A1 = Umbi talas Padang, A2 = Umbi talas manalagi dan A3= Umbi talas buring. Masing-masing perlakuan diulang 3 kali. Kemudian dianalisis variansi atau anava jika berpengaruh antar perlakuan maka dilanjutkan uji beda nyata terkecil ( BNT ).
Hasil selama penelitian menunjukan rata-rata retensi nitrogen A1= 1.49 , A2 = 0.83 dan A3 = 1.01 dan rata-rata nilai biologis pakan A1 = 67.4 A2 = 37.27 dan A3 = 39.75/ Hasil analisis variansi menunjukan bahwa evaluasi umbi talas yang berbeda tidak ada pengaruh terhadap retensi nitrogen dan berpengaruh nyata terhadap nilai biologis pakan.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penggunaan umbi talas yang berbeda jenis tidak berpengaruh nyata terhadap retensi nitrogen tetapi berpengaruh nyata terhadap nilai biologis pakan pada ayam pedaging.

 

Download


Keywords


Umbi Talas, Ayam Pedaging