Evaluasi Bahan Pakan Asal Susu Bubuk Kadaluwarsa Untuk Penetapan Nilai Biologis (Biological Value) Dan Kecernaan Lemak Kasar Pada Ayam Pedaging

Nino Sukariyadi

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan di Eksperimental Farm dan Laboratorium Nutrisi Fakultas Peternakan- Perikanan, Universitas Muhammadiyah Malang, mulai tanggal 5 Agustus hingga 13 Agustus 2003.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi nilai biologis (biological value) dan nilai kecernaan lemak kasar dari susu bubuk yang telah kadaluwarsa. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen, sedangkan rancangan penelitian yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan empat perlakuan dan empat ulangan, pengaruh perlakuan dilanjutkan dengan uji beda nyata terkecil (BNT). Sebagai perlakuan adalah memasukkan langsung susu bubuk kadaluwarsa kedalam tembolok dengan alat suntik atau selang. Susu bubuk kadaluwarsa yang diberikan terdiri dari tiga, masa kadaluwarsa yang berbeda dan satu susu bubuk yang belum kadaluwarsa sebagai kontrol.
Hasil analisis variansi menunjukkan bahwa pemberian susu bubuk kadaluwarsa yang berbeda berpengaruh sangat nyata ( P < 0.01 ) terhadap nilai biologis pakan. Rataan nilai biologis pakan pada ayam pedaging mulai dari tertinggi adalah perlakuan Bo (susu bubuk kontrol) 83.73 persen, B1 (susu bubuk kadaluwarsa bulan Maret) 82.55 persen, B2 (susu bubuk kadaluwarsa bulan Februari) 71.30 persen, dan terendah B3 (susu bubuk kadaluwarsa bulan Januari ) 63.31 persen. Dari uji BNT diperoleh perlakuan susu bubuk kontrol Bo berbeda sangat nyata dengan B3, B2 berbeda sangat nyata dengan B3, Bo berbeda sangat nyata B2, sedangkan Bo dan B1 tidak ada beda. Sedangkan hasil analisis variansi menunjukkan bahwa pemberian susu bubuk kadaluwarsa yang berbeda berpengaruh nyata ( P < 0.05 ) terhadap kecernaan lemak kasar ayam pedaging. Dari uji BNT dihasilkan adanya perbedaan perlakuan (susu kadaluwarsa ) antara Bo dengan B3, perlakuan B1 dengan B3 dan tidak ada perbedaan antara B2, B1, dan B0.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa semakin meningkat bulan kadaluwarsa susu bubuk sampai bulan ke empat, maka semakin menurun nilai biologis dan nilai kecernaan lemak kasar ayam pedaging.

 

Download


Keywords


Ayam Pedaging