EVALUASI NILAI KECERNAAN BETN DAN KARBOHIDRAT BERBAGAI VARIETAS UMBI TALAS (Colocasia sp) PADA AYAM PEDAGING PERIODE FINISHER

ANITA SARI

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 14 sampai 24 September 2003 di Eksperimental Farm Fakultas Peternakan dan di Laboratorium Nutrisi Makanan Ternak Universitas Muhammadiyah Malang.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai kecernaan BETN dan karbohidrat dari berbagai macam umbi talas yang diberikan pada ayam pedaging periode finisher. Variabel untuk mengetahui nilai kecernaan BETN dan karbohidrat adalah bahan kering, abu, protein, lemak, dan serat kasar.
Materi yang digunakan adalah ayam pedaging periode finisher sebanyak 9 ekor berumur 30 hari dengan berat 1,2 Kg per ekor, yang dikelompokkan menjadi 3 perlakuan yaitu A1 (Manalagi), A2 (Padang) dan A3 (Buring). Tiap-tiap perlakuan diberikan sebanyak 70 gram dimasukkan secara paksa. Penelitian ini menggunakan Rancangan Percobaan RAL (Rancangan Acak Lengkap) bila ada pengaruh diteruskan dengan uji BNT ( Beda Nyata Terkecil).
Hasil analisis statistik menunjukkan bahwa pemberian ketiga jenis umbi talas memberikan pengaruh yang sangat nyata terhadap kecernaan Karbohidrat dan BETN pada ayam pedaging. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa talas padang dan manalagi dapat dimanfaatkan sebagai pakan sumber energi bagi ayam pedaging.

 

Download


Keywords


NILAI KECERNAAN BETN, KARBOHIDRAT, AYAM PEDAGING