PENGARUH VARIETAS JERAMI PADI DAN LEVEL UREA YANG BERBADA PADA JERAMI PADI AMONIASI TERHADAP KANDUNGAN SELULOSA, HEMISELULOSA DAN LIGNIN

EKO HENI WIDYANINGSIH

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Fakultas Peternakan Perikanan Universitas Muhammadiyah Malang pada bulan Juli sampai bulan Agustus 2003.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kandungan lignin, selulosa dan hemiselulosa jerami padi amoniasi pada varietas yang berbeda dan pada level urea yang berbeda. Diharapkan hasilnya dapat digunakan sebagai informasi sehingga jerami padi dapat dimanfaatkan sebagai bahan pakan ternak khususnya sapi potong.
Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah jerami padi kerng udara varietas: Cibodas, Cibogor dan IR 64 serta urea dengan level 4%, 6% dan 8%.
Penelitian ini dilakukan dengan metode eksperimen dengan rancangan percobaan acak lengkap pola faktorial. Faktor pertama adalah varietas dan faktor kedua adalah level urea yang mana pada tiap-tiap varietas diberikan perlakuan urea sebesar 4%, 6% dan 8% yang diulang sebanyak tiga kali. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh pada tabel anava menunjukkan hasil yang berbeda nyata pada selulosa yaitu pada level urea yang menunjukkan F hitung lebih besar dari F tabel. F hitung sebesar 15,5456773 sedangkan F hitung 1% 6,01 dan F hitung 5% 3,55. Pada interaksi juga berbeda nyata yaitu F hitung 12,15413524 lebih besar dari F tabel 1% : 4,58 dan 5%: 2,93. Hasil anava pada hemiselulosa untuk level urea dan sama-sama berbeda nyata. Pada level urea F hitung menunjukkan 3,73116952 dan pada F tabel 1% : 6,01. Lignin pada anava menunjukkan hasil yang tidak berbeda nyata yang mana F hitung lebih kecil dari F tabel 1% maupun 5%.
Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah perlakuan atau pemberian urea sebesar 4% merupakan level yang paling efesien karena setelah diberikan level urea sebesar 6% dan 8% ternyata menunjukkan hasil yang sama . Disarankan dalam penelitian selanjutnya perlu dibandingkan dengan kontrol sehingga tidak hanya diketahui pengaruh pemberian urea terhadap tiap-tiap varietas saja.

 

Download


Keywords


Selulosa, Hemiselulosa, Lignin