PENGARUH KETINGGIAN TEMPAT DAN TINGKAT LAKTASI INDUK TERHADAP SERVICE PER CONCEPTION (S/C) SAPI PERANAKAN FRIESIAN HOLSTEIN

DWI APRIYANTO DODOK RAHARJO

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 1 Juli sampai 30 agustus 2003 bertempat di wilaya kerja KUD Sumber Makmur Kecamatan Ngantang Kabupaten Malang.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh ketinggian tempat dan tingkat laktasi induk yang berbeda terhadap nilai Service Per Conception (S/C) serta untuk mengetahui pada ketinggian tempat dan tingkat laktasi berapa nilai Service Per Conception (S/C) paling efisien. Sedangkan kegunaan dari penelitian ini adalah memberikan imformasi kepada peneliti dan peternak serta badan usaha yang berada dilokasi penelitian tentang keberhasilan reproduksi sapi perah peranakan Friesien Holstein dalam satu wilaya kerja KUD Sumber Makmur.
Materi yang digunakan adalah 226 ekor sapi perah peranakan Friesien Holstein yang terbagi berdasarkan tingkat ketinggian dan tingkat laktasi induk. Tingkat ketinggian terdiri atas 3 dataran yaitu dataran tinggi, dataran sedang dan dataran rendah. Setiap dataran diambil data Service Per Conception (S/C) induk ? induk sapi perah yang dibedakan atas tingkat laktasi yaitu laktasi ke 1 sampai dengan laktasi ke 5. Metode percobaan dalam penelitian ini adalah survey dan wawancara mendalam (Indepht Interview) dengan menggunakan rancangan percobaan pola tersarang (Nested Clasification) tiga tingkat. Apabila terdapat perbedaan yang nyata diantara perlakuan maka dilakukan uji Beda nyata terkecil (BNT).
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa baik tingkat ketinggian tempat dan tingkat laktasi berpengaruh sangat nyata (P<0,01) terhadap nilai Service Per Conception (S/C) sapi perah peranakan Friesien Holstein.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah nilai Service Per Conception (S/C) rata-rata paling efisien berada pada induk sapi perah pada laktasi ke 1 dan pada perlakuan tingkat ketinggian tempat nilai Service Per Conception (S/C) paling efisien berada pada induk ? induk sapi perah di dataran tinggi yang diwakili Desa Pagersari.

 

Download


Keywords


SAPI