EVALUASI SUSU BUBUK FULL CREAM KADALUWARSA UNTUK PENETAPAN NILAI ENERGI METABOLISME SEMU (AME) DAN ENERGI METABOLISME SEJATI (TME) PADA AYAM PEDAGING

DEDY FAHRUDIN

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan mulai tanggal 5 sampai dengan 10 Agustus 2003 yang bertempat di Eksperimental Farm Fakultas Peternakan ? Perikanan Universitas Muhammadiyah Malang dan Laboratorium Nutrisi Fakultas Perikanan Universitas Brawijaya Malang.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai energi metabolisme semu (AME) dan energi metabolisme sejati (TME) pada ayam pedaging.
Materi yang digunakan adalah 17 ekor ayam pedaging yang ditempatkan pada 17 flok yang terdiri dari 4 perlakuan dan 4 kali ulangan. Masing-masing flok berisi 1 ekor dan 1 ekor tidak diberi perlakuan tetapi hanya diberi minum karena digunakan sebagai nilai endogen. Metode yang adalah metode percobaan. Perlakuan yang diberikan adalah susu bubuk full cream kadaluwarsa tanpa ada campuran dengan kadaluwarsa bulan Maret, Februari, Januari tahun 2003.
Hasil selama penelitian menunjukkan rata-rata nilai energi metabolisme semu (AME) B0 = 3998,65 kkal /gr, B1 = 3942,35 kkal/gr, B2 = 3862,9 kkal/gr, dan B3 = 3213,725 kkal /gr dan nilai energi metabolisme sejati (TME) B0 = 4038 kkal /gr, B1 = 3982,8 kkal /gr, B2 = 3902,225 kkal /gr dan B3 = 3263,8 kkal /gr. Hasil analisis variansi menunjukkan evaluasi susu bubuk full cream kadaluwarsa yang berbeda ada pengaruh sangat nyata terhadap AME dan nilai TME pada ayam pedaging.
Kesimpulan semakin panjang masa kadaluwarsa susu bubuk full cream sampai bulan ke tujuh maka semakin menurun nilai AME pada ayam pedaging dan semakin panjang masa kadaluwarsa susu bubuk full cream sampai bulan ke tujuh maka semakin menurun nilai TME pada ayam pedaging.

 

Download


Keywords


Susu Bubuk, Metabolisme Semu, Ayam