Evaluasi Bahan Pakan Ampas Kecap (Menjeng) Untuk Penetapan Keseimbangan Nitrogen Dan Nilai Biologis Pakan Pada Ayam Petelur

. Bustomi

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan mulai tanggal 25 Juli sampai 30 Juli 2003 di Experimental Farm Fakultaas Peternakan-Perikanan Universitas Muhammadiyah Malang.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui evaluasi beberapa bahan ampas kecap yang berbeda terhadap keseimbangan nitrogen dan nilai biologis pakan pada ayam petelur.
Materi yang digunakan adalah 26 ekor ayam petelur yang ditempatkan dalam 12 flok yang terdiri dari 3 perlakuan dan 4 kali ulangan. Masing-masing flok yang berisi 2 ekor. Metode yang digunakan adalah metode percobaan. Perlakuan yang diberikan adalah ampas kecap murni tanpa ada campuran dengan tinggi pemberian T1 = 70 gram (dari Jombang) T2 = 70 gram ( dari Blitar) T3 = 70 gram (dari Tulung Agung). Bila berdasarkan Analisis variansi menunjukan pengaruh yang nyata atau sangat nyata maka dilanjutkan dengan uji beda nyata terkecil (BNT).
Hasil selama penelitian menujukan rata-rata keseimbangan nitrogen T1 = 6.62 % T2 = 9.25 % dan T3 = 6.15% dan rata-rata nilai biologis pakan T1 = 82.55 % T2 = 82.11 % dan T3 = 91.83 %. Hasil analisis variansi menunjukan bahan evaluasi beberapa macam ampas kecap tidak ada pengaruh terhadap keseimbangan nitrogen dan nilai biologis pakan pada ayam petelur.
Kesimpulan dari penelitian ini menunjukan bahwa tidak didapatkan perbedaan yang nyata pada beberapa macam ampas kecap yang berbeda terhadap keseimbangan nitriogen dan nilai biologis pakan pada ayam petelur. 

 

Download


Keywords


Bahan Pakan, Ampas Kecap, Ayam Petelur