Derajat Infeksi Penyakit Kecacingan Dan Produksi Telur Pada Peternakan Ayam Petelur Di Peternakan Dengan Skala Usaha Yang Berbeda

Riduwan Sukarman

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan pada peternakan ayam petelur di Blitar, pada bulan Mei sampai Juni.
Tujuan dari peneliti ini adalah untuk mengetahui rataan derajat infeksi cacing ada ayam petelur dan untuk mengetahui derajat infeksi cacing pada ayam petelur dengan skala usaha besar dan skala usaha kecil, serta mengetahui produksi telur pada peternakan yang terinfeksi cacing.
Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah dua peternakan dengan skala usaha besar dan dua peternakan dengan skala usaha kecil yang diambil masing-masing peternakan diambil masing-masing sampel peternakan 2 gram feses dengan jumlah 30 sampel.
Hasil penelitian menunjukkan species cacing yang ditemukan adalah A.galli dan Raillietina sp. Sanitasi pada peternakan skala usaha kecil yaitu peternakan Asyuk dan Srikaton tidak begitu baik, keadaan sekitar kandang kotor terdapat banyak lalat dan semut. Pada peternakan skala usaha besar yaitu peternakan Berlian keadaan sekitar kanang kotor dan banyak lalat serta tempat pembuangan sampah dekat dengan kandang. Sanitasi peternakan Dji-Toe dilakukan lebih baik dari yang lain, terlihat lingkungan sekitar kandang bersih dan lalat lebih sedikit. Dari keempat peternakan tersebut derajat infeksi cacing tergolong ringan sehingga jumlah produksi telur yang dihasilkan sesuai dengan standart normal.
Berdasarkan hasil kesimpulan perbandingan dari peternakan skala usaha besar dan skala usaha kecil memiliki derajat infeksi yang sama (tergolong ringan) dan produksi telur yang dihasilkan sesuai dengan standart normal.
Disarankan untuk penelitian lebih lanjut dengan umur seragam dan pemberian obat cacing yang sama.

 

Download


Keywords


kecacingan, telur, peternakan ayam