Evaluasi Pakan Sapi Perah Terhadap Produksi Susu, Berat Jenis, Dan Kadar Lemak Di Kud Pujon, Jabung, Dan Poncokusumo

. LASIANTO

Abstract


Penelitian ini dilakukan di KUD Pujon, Jabung, dan Poncokusumo Kabupaten Malang, mulai tanggal 5 Maret sampai 5 April 2003. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui evaluasi pakan sapi perah terhadap produksi susu, berat jenis, dan kadar lemak. Kegunaan penelitian ini diharapkan dapat mengetahui tingkat efisiensi produksi susu, berat jenis, dan kadar lemak yang dihasilkan di KUD Pujon, Jabung, dan Poncokusumo khususnya dan digunakan sebagai bahan informasi kepada para peternak pada umumnya.
Materi yang digunakan adalah 30 ekor sapi perah PFH yang sedang berproduksi atau laktasi ke IV masing-masing KUD 10 ekor. Peralatan yang digunakan adalah daftar pertanyaan, timbangan, lactodensimeter dan pipet ukur serta tabung butyrometer.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata produksi susu jabung lebih tinggi dibandingkan dengan pujon. Yaitu Pujon 8,7 liter/hari, Jabung 10,42 liter/hari, serta Poncokusumo 9,12 liter/hari. Karena kandungan nutrisi pakan konsentrat terutama protein 16% serat kasar 14% dan air 10% lebih tinggi dari pada KUD yang lain.
Hasil rata-rata berat jenis tidak berbeda nyata hal ini dimungkinkan karena pada masing-masing KUD telah dilakukan penyesuaian antara kandungan bahan kering dengan kondisi lingkungan di lokasi KUD berbeda dan sapi-sapi tersebut telah memiliki kemampuan sendiri untuk menyesuaikan diri dengan lingkungannya.
Hasil rata-rata lemak susu dapat dilihat adanya hasil uji ragam tidak berbeda nyata. Hal ini sama dengan BJ yang mempengaruhinya adalah kadar lemaknya. Dimana kadar lemak dalam konsentrat dicerna oleh ternak untuk kebutuhan hidup dan kebutuhan produksi yang berkaitan erat juga dengan kondisi lingkungannya.
Berdasarkan data ini dapat disimpulkan bahwa evaluasi produksi susu di KUD Jabung yang paling tinggi, sedangkan BJ dan Kadar lemak tidak ada perbedaan yang berarti antar KUD. Saran untuk mendapatkan produksi susu yang tinggi dapat menggunakan dan mengikuti cara-cara pemeliharaan di KUD Jabung.

Keywords


pakan sapi perah