Pengaruh Penggunaan Tepung Kupang (Musculita Senhausia) Dalam Ransum Terhadap Konsumsi, Berat Telur, Hen Day Product (Hdp) Dan Konversi Pakan Pada Ayam Petelur

M. Mashuri Effendi

Abstract


Penelitian ini dilakukan pada bulan Oktober sampai bulan Nopember 2001, bertempat di Desa Grogol, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang. Tujuan penelitiuan ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan tepung kupang dalam ransom terhadap konsumsi, berat telur, hen day product (HDP) dan konversi pakan pada ayam petelur.
Penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan kepada peternak unggas tentang penggunaan pakan alternatif berupa tepung kupang sebagai pengganti bahan pakan lain dengan kandungan nutrisi yang tinggi dan harganya relative murah.
Materi yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari ayam ras petelur fase layer strain Dekalb umur 25 minggu dengan bobot rata-rata + 1,6 kg sebanyak 96 ekor, perlakuan berupa ransum dengan pengguaan tepung kupang dengan aras 0%, 5%, 10% dan 15%, data sample diambil setiap 1 minggu sekali yaitu berat telur dan jumlah konsumsi pakan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dan apabila menunjukkan perbedaan dilanjutkan dengan uji beda nyata terkecil.
Penelitian ini memperoleh hasil yang menunjukkan bahwa penggunaan tepung kupang dengan aras 0 sampai 15% memberikan pengaruh yang sangat nyata (P<0,01) terhadap konsumsi pakan dan hen day product (HDP) dan berpengaruh nyata (P<0,05) terhadap berat telur serta tidak berpengaruh nyata (P>0,05) terhadap konversi pakan. Kesimpulan yang dapat diambil adalah penggunaan tepung kupang sampai aras 15% memberikan pengaruh yang nyata terhadap produktifitas ayam petelur.

 

Download


Keywords


Tepung Kupang, Berat Telur