Evaluasi Tampilan Produksi Itik Manila (Cairina Moschata) Di Peternakan Rakyat (Study Kasus Di Kabupaten Dan Kodya Malang)

Achmad Khoiri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan tampilan produksi (berat badan dan produksi telur) itik manila antar jenis kelamin, antar kecamatan dalam Kodya/Kabupaten dan antar Kabupaten dan Kodya Malang.
Penelitian dilaksanakan pada tanggal 1 oktober s/d 30 oktober 2001 di 10 kecamatan dalam Kodya dan Kabupaten Malang. Kecamatan Bululawang, Dau, Pakisaji, Bantur, Pujon mewakili Kabupaten. Kecamatn Lowokwaru, Klojen, Sukun, Kd. Kandang, Blimbing mewakili Kodya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey yaitu mengumpulkan informasi langsung ke peternak tentang berat badan dan produksi telur itik manila. Sampel yang digunakan yaitu itik manila jantan dan betina. Data tampilan produksi ( berat badan dan produksi telur) dianalisis dengan menggunakan analisis variansi pola tersarang 4 tingkat untuk berat badan dan analisis variansi pola tersarang 3 tingkat untuk produksi telur.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata berat badan itik manila muda betina sebesar 1525.4 g (Kabupaten), 1539 g (Kodya). Itik manila dewasa berat badan rata-rata sebesar 25.31 g (Kabupaten), 2383.6 g (Kodya), rata-rata berat badan jantan 1677.51 g (umur muda), 3165.63 g (umur dewasa) dan rata-rata berat badan betina 142935 g (umur muda), 2028.99 g (dewasa). Produksi telur rata-rata 12,7 butir/periode pengeraman (Kabupaten), 12,5 butir/periode pengeraman (Kodya). Dan produksi telur tertinggi pada kecamatan Klojen yaitu 13.9 butir/periode pengeraman. Dari analisis variansi diketahui (P<0,01) berbeda sangat nyata berat badan itik manila antar jenis kelamin dan (P<0,01) berbeda sangat nyata untuk produksi telur antar kecamatan.
Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil analisis variansi berat badan itik manila antar kecamatan dalam Kodya/Kabupaten Malang, antar Kabupaten dan Kodya Malang tidak berpengaruh nyata, tetapi berat badan itik manila antar jenis kelamin berbeda sangat nyata. Berat badan itik manila jantan lebih tinggi dibanding itik manila betina. Produksi telur antar Kabupaten dan Kodya tidak berbeda nyata sedangkan produksi telur antar kecamatan dalam Kabupaten/Kodya berbeda nyata yaitu produksi telur tertinggi pada kecamatan Klojen.

Keywords


Itik Manila