Pengaruh Tingkat Penggunaan Tepung Tapioka Terhadap Kadar Protein Dan Organoleptik Bakso Ayam

Yan Fajar Sukmawan

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan mulai tanggal 17 sampai dengan 22 Februari 2003 di Laboratorium Fakultas Peternakan Universitas Muhammadiyah Malang.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh tingkat penggunaan tepung tapioka terhadap kadar protein dan organoleptik bakso ayam. Kegunaan penelitian adalah sebagai bahan informasi tentang tingkat penggunaan tepung tapioka dalam pembuatan bakso ayam dengan kualitas dan cita rasa yang disukai oleh konsumen, serta yang berkepentingan dalam pembuatan bakso.
Materi yang digunakan adalah daging ayam, bumbu-bumbu secukupnya, tepung tapioka sesuai dengan perlakuan. Metode penelitian ini yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) searah dengan 4 perlakuan. Data yang diperoleh dianalisis ragam. Bila terdapat perbedaan nyata dilanjutkan dengan uji Beda Nyata Terkecil (BNT).
Hasil analisis menunjukkan bahwa tingkat penggunaan tepung tapioka berpengaruh sangat nyata (P<0,01) terhadap kadar air dan kadar protein. Dan hasil uji organoleptik menunjukkan bahwa bakso dengan tingkat penggunaan tepung tapioka 10% dan 20% mempunyai karakteristik tekstur, bau (aroma), dan rasa yang diterima konsumen.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah tingkat penggunaan tepung tapioka berpengaruh terhadap kadar protein dan kadar air bakso, dan juga pada uji organoleptik terhadap tekstur, bau dan rasa bakso ayam dengan penggunaan tepung tapioka sebesar 10% sampai dengan 20%. 

 

Download


Keywords


KADAR PROTEIN, ORGANOLEPTIK, BAKSO AYAM